Skip to main content

Bagaimanakah Cara Kerja SEO?

Bagaimana Cara Kerja SEO - Sebelum kita terjun ke SEO dan mencari tahu lebih lanjut tentang bagaimana SEO bekerja, mari kita pahami apa sebenarnya SEO itu.   Seperti yang kita ketahui, era digital berkembang lebih cepat dari tahun ke tahun dan dengan demikian banyak situs yang memanfaat ini dengan bisnis online untuk meningkatkan pendapatan perekonomian di era digital seperti saat ini. Meskipun, ada banyak strategi pemasaran digital untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis online, tetapi yang paling efektif adalah didukung dengan  SEO atau Search Engine Optimization agar keutungan dapat berjalan semaksimal mungkin. Optimisasi mesin pencari dapat membantu situs web, blog atau aplikasi dapat ditemukan oleh mesin pencari untuk kata kunci terkait yang sedang di ketikkan di mesin pencari.   Bagaimana tepatnya cara kerja Mesin Pencari?   Ada dua metode yang diterapkan mesin pencari untuk melihat situs anda dan dan jika metode ini lulus uji maka situs anda dapat dilihat di mesin pencari, metode tersebut adalah sebagai berikut:
Bagaimana Cara Kerja SEO - Sebelum kita terjun ke SEO dan mencari tahu lebih lanjut tentang bagaimana SEO bekerja, mari kita pahami apa sebenarnya SEO itu.

Seperti yang kita ketahui, era digital berkembang lebih cepat dari tahun ke tahun dan dengan demikian banyak situs yang memanfaat ini dengan bisnis online untuk meningkatkan pendapatan perekonomian di era digital seperti saat ini. Meskipun, ada banyak strategi pemasaran digital untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis online, tetapi yang paling efektif adalah didukung dengan  SEO atau Search Engine Optimization agar keutungan dapat berjalan semaksimal mungkin. Optimisasi mesin pencari dapat membantu situs web, blog atau aplikasi dapat ditemukan oleh mesin pencari untuk kata kunci terkait yang sedang di ketikkan di mesin pencari.

Baca Juga: Cara Hebat Meningkatkan SEO Pada Blog

Bagaimana tepatnya cara kerja Mesin Pencari? Ada dua metode yang diterapkan mesin pencari untuk melihat situs anda dan dan jika metode ini lulus uji maka situs anda dapat dilihat di mesin pencari, metode tersebut adalah sebagai berikut:

Perayapan: Bot mesin pencari merayapi semua halaman web yang tertaut ke suatu situs web. Mesin pencari utama seperti Google dapat merayapi jutaan halaman situs di setiap harinya.

Pengindeksian: Setelah mengambil semua halaman melalui proses perayapan, halaman ini kemudian diindeks dalam database untuk pengambilan di masa mendatang. Proses indeksasi sangat penting, semakin banyak jumlah halaman situs web anda yang diindeks, maka semakin besar pula peluang anda untuk meningkatkan peringkat situs web atau blog anda.

Baca Juga: 7 Cara SEO Agar Artikel Tampil Di Page One Google

Mesin pencari utama (google) memperbarui algoritma mereka secara teratur dan ada berbagai faktor yang mempengaruhi hasil ini secara langsung atau tidak langsung. Maka, dianjurkan bagi anda untuk memperbaharui peta situs web atau blog anda.

Bagaimana cara kerja SEO dan apa tips terbaik untuk meningkatkannya?

Search Engine Optimization tergantung pada sejumlah faktor yang mempengaruhi peringkat situs web atau blog anda secara langsung atau tidak langsung. Kami akan mengungkap semua faktor tersebut dalam artikel ini. Berikut adalah faktor-faktor kunci yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan SEO pada web atau blog anda :

Konten - Ini adalah salah satu faktor SEO yang paling penting. Siapa pun yang pernah mendengar tentang pemasaran digital pasti juga pernah mendengar bahwa "Konten adalah Raja". Itu adalah benar, dalam banyak kesempatan Google mengatakan bahwa situs dengan konten terbaik, maka google akan memberi imbalan konten anda akan berada pada tingakat teratas. Jadi, jika anda ingin melawan situs web lain dalam hal SEO, maka anda harus fokus pada konten yang anda tulis.

Baca Juga : Cara Cepat Mengoptimalkan SEO Untuk Blog

SEO pada halaman - Jika anda ingin melawan situs lain dalam hal SEO, maka anda harus menambahkan  meta-deskripsi dan meta-keyword pada halaman situs anda dengan hati-hati. Fokuslah pada konten serta tautan internal. Tambahkan judul yang relevan, optimalkan semua gambar (tambahkan tag-alt), perhatikan heading H1, heading H2, heading H3, heading H4, heading H5, heading H6, subheading dan tambahkan kata kunci disetiap paragraf.

Backlink - Backlink merupakan salah satu kunci agar situs anda dapat bersaing dengan situs-situs besar lainnya, semakin banyak backlink yang anda dapatkan. Maka, situs anda akan baik dimata google karena situs anda telah dipercaya oleh situs-situs lainnya dikarenakan backlink yang anda dapatkan.

Kecepatan situs web (Waktu Muat Halaman) dan pengalaman pengguna - Google akan menghargai situs yang lebih cepat. Lihatlah kecepatan situs anda (waktu buka halaman), anda perlu menyesuaikan dan mengaturnya. Anda juga harus bekerja pada keterlibatan pengguna seperti jumlah klik dari total tayangan situs anda, sederhananya "lebih cepat situs anda, maka akan semakin baik".

Baca Juga: Rahasia Artikel Tampil Di PAge One Google

Mobile Friendly - Seperti yang telah kita bahas di bagian awal artikel bahwa Mesin Pencari memperbarui algoritme mereka secara teratur dan anda juga harus mengikutinya. Google mengkonfirmasi bahwa semakin ramah situs anda untuk pengguna seluler, maka semakin tinggi pula peringkat situs anda di mesin pencari. Karenanya, periksalah kembali situs anda. Usia Domain, URL, dan Otoritas - Usia situs web, URL, dan DA / PA (otoritas domain dan Otoritas Halaman) adalah  faktor penting untuk meningkatkan kualitas SEO anda.

Optimalisasi gambar - Mengoptimalkan semua gambar di situs anda sangat kami sarankan karena dapat meningkatkan peluang anda untuk ada pada peringkat tertinggi mesin pencari. Tambahkan judul dan tag alt yang relevan ke semua gambar. Hal ini dapat menambah banyak nilai ketika orang mengetik di hasil pencarian gambar.

Baca Juga: Cara Mencari Ide Untuk Konten Blog

Share Medial Sosial - Tautan sosial atau tidak dapat anda abaikan ketika menerapkan strategi SEO. Share Medial Sosial tidak hanya meningkatkan visibilitas situs anda tetapi juga dapat menghasilkan visitor organik, semakin banyak anda membagikan konten anda di media sosial maka semakin baik pula SEO yang telah anda terapkan.

Data Terstruktur - Fokus pada struktur halaman web anda karena harus benar-benar sejajar dan tertata dengan baik. Perbaruilah sitemap anda, dan pada intinya ini adalah anda harus memanjakan pengunjung situs anda dan berikanlah sesuatu yang terbaik agar pengunjung situs anda akan puas.

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Kesimpulan: Sekarang, kita tahu bagaimana cara kerja SEO dan apa faktor kunci yang memengaruhi atau mempercepat upaya pemasaran digital organik anda, Ingatlah ini dan kerjakan pada parameter ini secara individual untuk. Jelas, SEO adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk memanfaatkan peningkatan ekonomi digital dan juga memberikan hasil yang berkelanjutan selama anda mengikuti strategi yang tepat dan menjaga dasar-dasar strategi agar tetap utuh. Ini adalah proses yang berkelanjutan dan membutuhkan upaya terus-menerus, maka janganlah merasa puas terlebih dahulu karena disetiap tahunnya google akan mengupdate algoritmanya dan anda juga harus mengikutinya.

Demikianlah ulasan kami mengenai Bagaimanakah Cara Kerja SEO, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar