10 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Merauke, Disebut akan Mengebom Gereja Minggu Besok

Densus 88 Antiteror menangkap sebanyak 10 terduga teroris di Merauke, Papua, Sabtu (29/5/2021). Penangkapan dan penggerebekan dilakukan di beberapa lokasi yakni Distrik Tanah Miring, Jagebob, Kurik dan Kota Merauke. Kapolres Merauke, AKBP Ir Untung Sangaji, mengatakan 10 terduga teroris ditangkap bersama dengan barang buktinya.

Kapolres juga mengatakan sejumlah terduga teroris tersebut akan melancarkan aksinya rencananya di sejumlah gereja di Kota Merauke pada Minggu besok (30/5/2021). "Kita sudah tangkap 10 teroris dengan barang bukti semua yang berbahaya untuk masyarakat ," ujarnya dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Sabtu (29/5/2021). "Mereka mau tembak tembak atau taruh bom di gereja tapi kita (aparat keamanan) sudah penuh (berjaga) di gereja," imbuhnya.

Pihaknya juga mengatakan saat ini masih dalam pengembangan terduga teroris yang tersisa dan belum tertangkap. "Mungkin ada, dari situ kan bisa berkembang," lanjutnya. Seperti diketahui operasi anti teror Densus 88 dilakukan sejak Jumat sore hingga Sabtu dini hari.

Menurut jurnalis di lapangan, barang bukti yang diamankan termasuk buku teror dan bahan bahan peledak. Sedangkan terduga teroris rupanya merupakan jaringan dari Makassar, dan memiliki hubungan erat dengan jaringan Sulawesi Selatan. Salah seorang terduga teroris diketahui ditangkap di Gang Papua I dan Kost Pelangi di kawasan Ternate.

Warga sekitar yang mengetahui mengaku sosok terduga dikenal tertutup. Bahkan dirinya hampir tidak pernah berkomunikasi dengan warga sekitar. "Dia orangnya tertutup, tidak pernah macam bergaul dengan tetangga," ujar warga bernama Utami.

Pihaknya mengaku hanya saling bertatap muka saja saat berpapasan, namun tidak saling menyapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Peringatan dari BMKG Minggu, 30 Mei 2021: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin
Next post Ketua ITAGI: Vaksinasi Tidak Menjamin 100 Persen Bebas Covid-19