Skip to main content

Cara Jitu Menghemat Baterai Android (Update)

Cara Jitu Menghemat Baterai Android - Dijaman modern seperti saat ini mayoritas manusia di muka bumi ini sudah mengenal gadget, salah satunya adalah android.
Android untuk saat ini merupakan kebutuhan primer di era melenium seperti hari ini. Bagaimana bisa? dengan bermodalkan koneksi internet, semua kebutuhan dan kepentingan manusia bisa dilakukan melalui gadget android, misalnya jual beli barang, bekerja, mencari solusi sebuah permasalahan bahkan bisa juga untuk mencari uang.

Dibalik teknologi android yang canggih, terdapat sebuah kekurangan didalamnya diantaranya baterai android yang boros. Didalam pembahasan kali ini saya mau berbagi solusi, bagaimana cara menghemat baterai android?

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk menghemat baterai android:

1. Kalian bisa melihat analisis statistik konsumsi baterai android kalian
Seperi gambar diatas, dengan melihat statistik penggunaan aplikasi kalian. Tentunya dengan melihat itu kalian sudah bisa memprediksi aplikasi mana yang paling menguras baterai. Yang terpenting statistik diatas merupakan laporan realtime dari android kalian. Jadi boros atau tidaknya android kalian ditentukan dengan penggunaan kalian sendiri. Cara melihat analisis statistik baterai android bisa dilakukan dengan Buka pengaturan++> Baterai, jika tidak bisa silakan simak tutorial nomer 2 dibawah.

2. Jaringan
Penyebab lain saat android boros adalah jaringan yang tidak stabil, kok bisa? karena jaringan yang tidak stabil otomatis membuat kinerja android semakin keras untuk mencari sinyal terutama sinyal internet. ada solusinya nggak? tentu saja ada dong. Bagaimana caranya? yaitu dengan cara lock sinyal. Saya tidak bisa lock kak? nah kalian tidak perlu khawatir, diblog ini kalian akan temukan caranya.
a) Buka andoid kalian
b) Pilih menu telepon dan ketik *#*#4636#*#* maka akan muncul menu seperti dibawah ini
Didalam menu diatas terdapat beberapa pilihan. Diantaranya bisa kalian lihat digambar, Dan solusi nomer  1 bisa kalian lakukan caranya seperti di nomer 2.
Kita lanjutkan, Informasi telepon1 da Informasi telepon2 itu maksudnya sim mana internet kalian sambungkan dan silakan kalian pilih.
c) Setelah kalian pilih, simaklah gambar dibawah ini
Dalam menu Dropdown (tepatnya diatas 'jalankan uji ping') bisa kalian pilih jaringan apa yang ingin kalian gunakan, beberapa di antaranya adalah Gsm only (2G), Wcdma only (3G), atau LTE only(4G), itulah cara lock jaringan android.

3. Kontras layar
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kontras layar cukup besar ikut andil dalam pemborosan baterai, jangan sekali-kali kalian setting full kontras pada layar kalian, disamping membuat baterai cepat boros bisa juga membuat mata kalian sakit.
usahakan setting manual saja agar bisa mengatur sesuai kebutuhan mata anda dan sesuai baterai anda. saran saya atur serendah mungkin agar konsumsi baterai sedikit dan juga mata anda akan aman.

4. Singkronisasi
Sinkronisasi penguras baterai yang tak nampak. Tanpa kalian sadari singkronisasi adalah peminta baterai yang ghaib, tidak ada menunya tapi dapat membuat baterai kalian cepat habis. cara mematikannya yaitu Setting ++> akun sperti gambar diatas lalu uncheck otomatis singkronkan data.

5. Matikan Gps

Itulah beberapa Cara Jitu Menghemat Baterai Android,  cara-cara yang saya sampaikan diatas merupakan langkah opsional yanh bisa kalian lakukan. akan tetapi, tinggal kalian sendiri dan tergantung kalian sendiri juga mau dilakukan atau tidak. Demikianlah Tutorial Cara Jitu Menghemat Baterai Android, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar