Skip to main content

15 Tips Bisnis Di Media Sosial


Tips Bisnis Di Media Sosial
15 Tips Bisnis Di Media Sosial - Tahukah Anda bahwa rata-rata pengguna media sosial menghabiskan 135 menit setiap hari di platform media sosial? Sebagai pemilik usaha kecil, ini berarti bahwa ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial dan untuk anda saat ini.

Tetapi jika anda belum pernah melakukan banyak pemasaran di media sosial sebelumnya, mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana memulainya.

Kami telah mengumpulkan 15 Tips Bisnis Di Media Sosial untuk bisnis kecil yang Anda butuhkan untuk memulai. Silakan simak dan pelajari di bawah ini:

1. Fokus pada Satu Jaringan untuk Memulai


Daftar platform media sosial paling populer: Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Snapchat, LinkedIn. Dan kebenarannya adalah ia terus tumbuh.

Jadi ketika anda baru memulai dengan media sosial, jangan mencoba menggunakan semua media yang ada di atas. Dengan jumlahnya terlalu banyak sehingga lebih baik berfokus pada satu media sosial saja.

Lakukan riset dan lihat platform apa yang paling masuk akal bagi anda karena anda baru memulai. Apakah anda tertarik berbagi posting berbasis fotografi? Instagram adalah pilihan terbaik untuk itu.

Jika Anda ingin memposting beberapa pembaruan singkat setiap hari, Twitter mungkin cocok untuk anda. LinkedIn adalah tempat bisnis terhubung paling baik dengan bisnis lain.

Tidak masalah tujuan anda, pikirkan hal-hal ini dan kemudian pilih media sosial mana yang terbaik untuk Anda.
 
2. Tentukan Tujuan Anda

Dengan kampanye pemasaran digital apa pun, anda harus memulai dengan menentukan tujuan. Tanpa tujuan yang jelas, anda tidak akan memiliki arahan. Hal yang sama juga berlaku untuk pemasaran media sosial Anda.

Apa yang ingin anda capai dengan upaya media sosial anda? Apakah Anda ingin mendirikan perusahaan anda sebagai ahli di bidang anda? Apakah anda ingin menghasilkan arahan?

Mungkin Anda ingin terus memperbarui informasi tentang pelanggan.

Putuskan apa tujuan utama Anda dan kemudian buat rencana. Buat beberapa sasaran SMART yang mudah dilacak. Dan kemudian mulai!

3. Kenali Audiens Anda

Ini adalah salah satu strategi media sosial paling penting untuk bisnis. Mengetahui audiens anda akan memberi anda arahan tentang apa yang akan dikirim dan topik konten.

Anda akan ingin memahami usia, jenis kelamin, lokasi, sasaran, dan penghasilan rata-rata audiens anda. Bagaimana anda dapat menemukan informasi ini?

Jawabannya sederhana: riset pasar.

Mulailah dengan menghadirkan orang untuk pelanggan anda. Ini adalah cara untuk mengetahui apa yang disukai pelanggan tersebut.

Anda dapat melakukan ini dengan melakukan survei, kelompok fokus, dan wawancara pelanggan. Kemudian setelah anda memiliki data demografis ini, cari tren. Ini akan memberi anda gambaran tentang informasi rata-rata konsumen anda.

Kemudian, setelah anda mengetahui hal ini, anda akan memiliki ide yang lebih baik tentang media sosial mana yang akan digunakan dan jenis konten yang paling menarik bagi audiens anda.

4. Selalu Terlibat dengan Audiens Anda

Ketika berbicara tentang media sosial, selalu ingat bahwa ini adalah jalan dua arah. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan konten tetapi audiens anda juga akan dapat berkomentar, meninggalkan pertanyaan, dan mengirim pesan langsung.

Anda ingin memberikan layanan pelanggan yang hebat dalam situasi ini dengan cepat menanggapi semua komentar dan pesan. Pastikan anda mengatur pemberitahuan di aplikasi media sosial anda sehingga anda selalu melihat ketika seseorang terlibat dengan posting anda.

Anda juga akan mendapat komentar negatif dari waktu ke waktu dari pelanggan yang frustrasi. Selalu merespons dengan cara yang positif dan bermanfaat karena orang lain akan melihat respons anda.
 
5. Konsistensi adalah Kunci

Salah satu pertanyaan terbesar yang diajukan pemilik usaha kecil ketika memulai dengan media sosial adalah seberapa sering mereka harus memposting. Sebenarnya, tidak ada satu jawaban.

Setiap industri berbeda dan perusahaan telah menemukan kesuksesan dengan semua jenis jadwal penerbitan. Yang terbesar adalah konsisten.

Ini semua tentang keseimbangan. Anda ingin memposting cukup sehingga anda tetap di atas pikiran audiens anda, tetapi anda selalu ingin mengganggu.

Juga, ingat bahwa setiap jejaring sosial memiliki norma yang berbeda untuk memposting. Di twitter, benar-benar tidak apa-apa untuk tweet beberapa kali sehari. Di instagram, meskipun sekali atau dua kali lebih baik.
 
6. Pisahkan Akun Bisnis dan Pribadi Anda

Ini mungkin tampak jelas, tetapi terlalu banyak perusahaan tidak mengikuti saran sederhana ini. Selalu pisahkan akun bisnis dan pribadi anda.

Dengan cara ini, pengikut atau pelanggan anda hanya akan melihat konten yang terkait dengan perusahaan anda. Mereka tidak ingin diperbarui di pesta keluarga anda atau melihat semua gambar liburan anda.

Lebih profesional untuk memisahkan semuanya. Ini akan membuat bisnis anda tampak jauh lebih bagus.
 
7. Tambahkan Anggaran Waktu ke Daftar Tips Media Sosial Anda untuk Usaha Kecil

Jika anda menggunakan media sosial untuk penggunaan pribadi, anda mungkin terbiasa dengan betapa mudahnya membuang waktu untuk menggulir umpan berita anda.

Satu detik anda baru saja membuka aplikasi anda, 30 menit kemudian anda ke toilet
dan sadar sudah berapa lama. Meskipun ini baik-baik saja pada waktu pribadi anda, anda tidak ingin ini terjadi selama hari kerja ketika anda memiliki banyak proyek lain untuk diselesaikan.

Alih-alih, buat anggaran waktu media sosial. Pilih waktu setiap hari untuk memeriksa akun anda, memposting konten baru, dan untuk menanggapi komentar.
 
8. Manfaatkan Biografi Anda

Hampir setiap jaringan media sosial memiliki bagian bio. Di sinilah anda dapat menampilkan sedikit informasi tentang bisnis anda dan informasi kontak anda. Jangan biarkan ruang ini sia-sia!

anda harus memasukkan yang berikut ini:

    Logo anda
    Deskripsi singkat tentang apa yang anda lakukan
    Nomor telepon anda
    Tautan ke situs web anda
    Alamat anda yang paling penting

9. Memanfaatkan Visual


Visual seperti foto dan video akan membuat posting anda jauh lebih menarik. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa tweet dengan gambar menghasilkan hingga 18 persen lebih banyak klik, 89 persen lebih banyak favorit, dan 150 persen lebih banyak retweet.

Jadi kapan pun anda bisa, sertakan konten foto atau video dengan kiriman anda
10. Ingat Aturan 80/20

Berbicara tentang konten anda, inilah hal lain yang harus anda ingat. 80% dari posting anda harus memberikan sesuatu yang bernilai kepada pengikut anda.

Konten berharga ini dapat mencakup infografis, wawancara video, atau posting blog.

Tidak apa-apa jika 20% lainnya lebih bersifat promosi diri. Ini dapat mencakup informasi tentang penawaran saat ini, produk baru, atau perubahan perusahaan lainnya.
 
11. Tunjukkan Kepribadian

Dalam semua hal yang anda lakukan di media sosial, ingatlah bahwa menunjukkan kepribadian adalah hal yang baik. Di sinilah anda dapat memanusiakan merek Anda.

Jangan terjebak dalam kebiasaan yang hanya menggunakan bahasa perusahaan formal, gunakanlah bahasa yang lumrah saja.

Sangat menyenangkan memiliki selera humor. Anda juga dapat menampilkan beberapa gambar atau video di balik layar tentang bisnis anda di sini.
 
12. Belajar dari yang Terbaik

Salah satu cara untuk memulai dengan media sosial adalah belajar dari mereka yang lebih berpengalaman. Luangkan waktu di platform yang anda pilih dan ikuti merek untuk industri anda. Apa yang mereka lakukan sehingga berhasil?

Pelajari juga beberapa merek terbesar di dunia seperti Coca-Cola, Nike, atau Apple. Bagaimana mereka menggunakan media sosial?

Anda bisa juga belajar dengan banyak dari menonton video-video mereka.
 
13. Jangan Bersikap Konfrontasional (Pernyataan yang mengundang permusuhan)

Meskipun anda harus bersenang-senang dengan media sosial anda, anda tidak boleh bersikap konfrontatif. Di akun bisnis anda, jangan pernah menyerang pesaing anda atau curhat tentang industri anda.

Hindari masalah politik sebanyak mungkin dan jangan terlibat dalam konfrontasi dengan pelanggan yang meninggalkan komentar negatif.

Dan jika anda memiliki karyawan yang mem-posting untuk perusahaan anda, pastikan mereka juga terlatih dalam bidang-bidang ini. Anda tidak ingin citra merek anda ternoda oleh aktivitas media sosial yang tidak pantas.
 
14. Jangan Terlalu Otomatis

Perangkat lunak otomatisasi media sosial adalah alat yang hebat yang dapat anda gunakan. Ini dapat membantu anda menjadwalkan posting anda sebelumnya dan mendapatkan metrik terperinci tentang hasil anda.

Ini bisa sangat membantu untuk strategi media sosial anda secara keseluruhan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengotomatisasi. Jangan biarkan perangkat lunak otomasi anda menanggapi komentar orang. Sangat mudah untuk diperhatikan ketika respons yang dihasilkan komputer digunakan atau tidak pas menjawab pertanyaan mereka.
 
15. Tes, Evaluasi, dan Sesuaikan

Dengan promosi pemasaran apa pun, anda harus selalu mengevaluasi hasil anda dan kemudian menyesuaikannya. Lihatlah jumlah klik dan jumlah kunjungan halaman.

Bagi sebagian besar bisnis, metrik terbesar untuk diperhatikan adalah konversi. Apakah anda ingin prospek dari penjualan, anda harus memperhatikan hasil anda.

Jika mereka tidak terlalu bagus, buat beberapa penyesuaian dan terus pengujian. Penting untuk tidak menyerah. Banyak pemasaran media sosial adalah trial and error.

Jadi pikirkan beberapa ide tentang bagaimana meningkatkan dan mencobanya!

Terakhir

Sekarang setelah Anda membaca 15 Tips Bisnis Di Media Sosial ini, lalu apa yang akan anda lakukan selanjutnya?

Selamat, Secara tidak langsung anda telah menjadi  Pembisnis yang profesional di media sosial.

Demikianlah ulasan kami mengenai 15 Tips Bisnis Di Media Sosial. Semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar