--> Skip to main content

8 Cara Optimasi Mesin Pencari SEO Untuk Blog

8 Cara Optimasi Mesin Pencari SEO Untuk Blog - Perangkat lunak blog sebenarnya adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) sederhana yang dengan mudah menambahkan halaman baru dan mengintegrasikannya ke dalam struktur navigasi dan tautan situs Anda.  Blog dan posting blog pada dasarnya ramah mesin pencari karena mereka kaya akan teks, kaya tautan, halaman web yang sering diperbarui yang menggunakan stylesheet atau CSS, dan memiliki sedikit HTML yang asing.  Mengoptimalkan blog sangat mirip dengan mengoptimalkan situs web, dan mengoptimalkan posting blog mirip dengan mengoptimalkan halaman web. Tetapi tergantung pada layanan blog atau perangkat lunak yang Anda gunakan, hasilnya mungkin terlihat agak berbeda.  Jika Anda mengikuti beberapa aturan sederhana untuk optimasi mesin pencari, blog Anda dapat peringkat jauh lebih tinggi daripada halaman situs web statis di halaman hasil mesin pencari.  Berikut adalah aturan paling penting untuk diikuti agar posting Anda terdaftar untuk kata kunci pilihan Anda.

8 Cara Optimasi Mesin Pencari SEO Untuk Blog - Perangkat lunak blog sebenarnya adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) sederhana yang dengan mudah menambahkan halaman baru dan mengintegrasikannya ke dalam struktur navigasi dan tautan situs Anda.

Blog dan posting blog pada dasarnya ramah mesin pencari karena mereka kaya akan teks, kaya tautan, halaman web yang sering diperbarui yang menggunakan stylesheet atau CSS, dan memiliki sedikit HTML yang asing.

Mengoptimalkan blog sangat mirip dengan mengoptimalkan situs web, dan mengoptimalkan posting blog mirip dengan mengoptimalkan halaman web. Tetapi tergantung pada layanan blog atau perangkat lunak yang anda gunakan, hasilnya mungkin terlihat agak berbeda.



Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja SEO?
 

Jika Anda mengikuti beberapa aturan sederhana untuk optimasi mesin pencari, blog Anda dapat peringkat jauh lebih tinggi daripada halaman situs web statis di halaman hasil mesin pencari.

Berikut adalah aturan paling penting untuk diikuti agar posting Anda terdaftar untuk kata kunci pilihan Anda.

1. Gunakan kata kunci utama Anda di domain blog Anda

Baik Anda membeli domain terpisah (disarankan) untuk blog Anda, atau menghostingnya di layanan blogging atau subdomain situs Anda sendiri, cobalah untuk memastikan bahwa URL Anda berisi kata kunci utama yang ingin Anda optimalkan.

Misalnya, jika Anda ingin blog Anda ditemukan untuk kata kunci "RSS", dapatkan domain dengan kata kunci "RSS", atau gunakan kata kunci dalam subdomain. Mendapatkan nama domain dengan nama Anda sendiri mungkin membuat branding yang baik, terutama jika Anda adalah blog pribadi.

Tetapi jika Anda melakukannya untuk bisnis dan ingin lalu lintas bertarget mengalir, kata kunci dalam domain atau subdomain adalah langkah ke arah yang benar.



Baca Juga: Cara Reset Keyword Blog
 

2. Gunakan frase kunci utama Anda dalam tag tajuk blog Anda dan judul posting Anda

Jika frasa kunci utama Anda adalah "blogging bisnis", pastikan kata bisnis, atau blogging, atau keduanya, muncul di header blog Anda (tag H1 atau H2) serta judul dari setiap posting Anda.

Sebagian besar perangkat lunak blog akan mengambil kata kunci dalam judul posting Anda dan memasukkannya ke nama file dari posting permalink yang dibuatnya.

Misalnya, jika Anda memiliki blog di Blogger dan memberi judul pada posting Anda "Optimasi Mesin Pencari Untuk Blog", Blogger akan secara otomatis membuat halaman dengan posting Anda dan memberi nama file "mesin pencari-optimasi-untuk-blogs.html" atau sesuatu serupa.

Dengan perangkat lunak sisi server lain seperti WordPress dan Movable Type, Anda mungkin memerlukan perintah mod_rewrite untuk menyimpan judul entri Anda sebagai permalink.

3. Gunakan kata kunci sekunder Anda di badan posting Anda

Jika Anda ingin masuk dalam daftar untuk kata kunci sekunder, gunakan kata-kata tersebut dengan jarang di badan posting Anda dan tambahkan judul blog Anda atau tautan dengan mereka secara tepat. Jangan berlebihan atau posting Anda akan terdengar tidak wajar dan spam bagi pembaca.

4. Gunakan kata kunci Anda di anchor text link


Kata kunci dalam tautan lebih penting daripada teks sederhana. Gunakan kata kunci primer dan sekunder Anda di jangkar teks tautan saat menautkan ke posting blog lain atau ke halaman lain di situs utama Anda.

Tautkan kata kunci yang muncul secara alami dalam teks isi, tetapi sekali lagi, jangan berlebihan, atau Anda akan berakhir dengan halaman yang tampak seperti spam.

Baca Juga: Cara Agar Artikel Blog Page One Google 


5. Pastikan mesin pencari dapat membuat spider blog Anda dengan mudah

Atur blog Anda sehingga bilah navigasi samping ada di semua halaman. Pastikan arsip Anda dan posting sebelumnya dapat diakses dari semua halaman blog Anda sehingga mereka jelajahi dengan mudah.

6. Dapatkan backlink dari blog atau situs web lain

Tautan yang menunjuk ke blog atau posting Anda sangat penting untuk membangun pagerank dan membuat peringkat blog Anda lebih tinggi dalam daftar mesin pencari. Saya sarankan Anda memfokuskan upaya penautan Anda pada metode di sini.

Mengirimkan ke Mesin Pencari Blog dan Direktori:

Mengirimkan blog dan umpan RSS Anda ke mesin pencari dan direktori blog sangat penting untuk mendapatkan tautan berkualitas tinggi kembali ke blog Anda.

Pertukaran Tautan:

Banyak blog bertema serupa sering kali bersedia bertukar tautan dengan blog lain dan membentuk jaringan atau komunitas yang saling terkait. Pertukaran tautan dengan blog lain mudah diterapkan dengan sebagian besar perangkat lunak blog.

Pelacakan balik:


Anda juga bisa mendapatkan tautan kembali ke blog Anda menggunakan jalur balikan. Salah satu kelemahan menggunakan Blogger adalah tidak secara otomatis membuat URL lacak balik yang dapat digunakan orang lain untuk menautkan kembali ke posting Anda.

Tetapi jika trackback adalah komponen penting dari strategi penautan Anda, saya akan menyarankan menggunakan perangkat lunak atau sistem lain yang menambahkan fitur ini secara otomatis.

Komentar:

Anda juga dapat memperoleh kembali tautan ke blog Anda dengan memposting komentar yang sah sebagai tanggapan terhadap posting di blog lain.



Baca Juga: Cara Jitu Mencari Ide Untuk Konten Blog
 

7. Sering perbarui

Tidak ada makanan yang lebih baik untuk spider mesin pencari selain konten segar.

Posting dan perbarui blog Anda sesering mungkin menggunakan semua aturan yang diuraikan di atas dan tidak ada alasan mengapa blog Anda tidak akan membuat Anda mendapatkan peringkat teratas dalam waktu singkat.

8. Tetap tinggal

Setelah Anda membuat blog, cobalah tetap menggunakan domain atau host blog atau sistem yang sama selama Anda terus mempublikasikan.




Baca Juga: Cara Artikel Postingan Blog Cepat Terindek Google
 

Anda bisa kehilangan banyak lalu lintas, pembaca, dan semua daftar mesin pencari Anda jika Anda memutuskan untuk pindah platform atau ganti nama domain.

Demikianlah ulasan kami mengenai 8 Cara Optimasi Mesin Pencari SEO Untuk Blog, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar