Skip to main content

Cara Melindungi Data Pribadi Di Internet


Cara Melindungi Data Pribadi Di Internet - Internet membuka peluang baru bagi semua orang Tua dan muda sama-sama mendapat manfaat dari berbagai informasi yang tersedia.  Sayangnya, kadang-kadang orang-orang yang "mendapat manfaat" dari informasi yang tersedia adalah orang-orang yang mencoba mencuri identitas anda. Ada banyak hal yang dapat dilakukan seorang penjahat siber dengan informasi pribadi yang dapat mereka temukan secara online.  Yang menakutkan tentang dunia online adalah interaksi kecil dapat memberikan terlalu banyak informasi pribadi. Ini dapat memungkinkan orang untuk mengambil alih hidup anda.

Cara Melindungi Data Pribadi Di Internet - Internet membuka peluang baru bagi semua orang Tua dan muda sama-sama mendapat manfaat dari berbagai informasi yang tersedia.

Sayangnya, kadang-kadang orang-orang yang "mendapat manfaat" dari informasi yang tersedia adalah orang-orang yang mencoba mencuri identitas anda. Ada banyak hal yang dapat dilakukan seorang penjahat siber dengan informasi pribadi yang dapat mereka temukan secara online.

Yang menakutkan tentang dunia online adalah interaksi kecil dapat memberikan terlalu banyak informasi pribadi. Ini dapat memungkinkan orang untuk mengambil alih hidup anda.

Media sosial

Media sosial luar biasa untuk tetap berhubungan dengan teman-teman lama dan anggota keluarga. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk bertemu kontak baru dan jaringan untuk bisnis.

Game dan kuis yang selalu populer yang membutuhkan akses ke akun anda adalah peringatan besar. Seringkali situs-situs ini memberi tahu anda bahwa mereka hanya memiliki akses ke sejumlah kecil informasi. Mereka percaya anda akan mengizinkan ini sebagai ganti untuk kehidupan game atau hasil kuis.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah siapa yang anda terima sebagai teman atau koneksi di media sosial. Saat mempelajari cara melindungi identitas anda secara online, hal terakhir yang anda inginkan adalah orang asing melihat posting dari 6 tahun yang lalu.

Posting ini dapat menyertakan nama, ulang tahun, atau ulang tahun anak-anak anda. Seringkali, ini adalah jenis informasi yang digunakan untuk kata sandi.

Ketika melakukan bisnis dengan pengecer atau siapa pun yang membutuhkan data sensitif, pertimbangkan untuk bertanya apakah mereka memiliki Identity and Access Management (IAM) seperti Simeio. Jenis pemrograman ini membatasi jumlah karyawan yang memiliki akses ke informasi pribadi anda.


Berbicara tentang Kata Sandi

Berapa banyak akun online yang anda miliki? Bisakah anda menjawab dari atas kepala anda? Mungkin tidak, karena rata-rata orang memiliki 25 akun yang memerlukan nama pengguna dan kata sandi!

Lebih buruk lagi, sebagian besar orang memiliki 6 atau 7 kata sandi di antara 25 akun yang artinya digunakan kembali. Ini membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan informasi pribadi

Ini juga berarti bahwa jika seseorang mendapatkan salah satu kata sandi anda, mereka dapat memiliki akses ke media sosial anda (buruk,) situs tempat Anda berbelanja (lebih buruk,) dan informasi bank (terburuk.)

Cara yang cukup mudah untuk memperbaiki ini adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi. Mereka mungkin terlihat rumit, tetapi anda hanya perlu satu kata sandi untuk mengakses semua akun anda. Akun anda dilindungi oleh kata sandi super yang hampir tidak mungkin diretas.
 

Wi-Fi publik

Masalahnya adalah dalam nama: publik. Bagi seseorang yang tidak terlatih, ini bukan masalah besar. Anda tidak dapat melihat informasi orang lain sehingga mereka tidak dapat melihat informasi anda, bukan?

Ini tidak terjadi karena peretas atau orang yang terlatih dapat benar-benar melihat dan menangkap bit informasi yang terlihat pada koneksi publik.

Sebanyak yang menyakitkan, memilih untuk tidak menggunakan wi-fi publik, atau membawa perangkat yang memungkinkan untuk koneksi pribadi.



Cara Melindungi Data Pribadi Di Internet

Ini masuk ke akal sehat, Lakukan sebanyak yang anda bisa untuk melindungi diri dengan perlindungan virus terbaru dan pembaruan ke peramban anda.

Buat kata sandi yang kuat, hapus posting lama yang memberikan terlalu banyak informasi, dan jika anda HARUS menggunakan wi-fi publik, lakukan hanya untuk menjelajah. Jangan masuk ke situs apa pun yang memerlukan kata sandi pada koneksi publik.

Item terakhir yang layak disebutkan adalah untuk mengikuti berita dan apa pelanggaran keamanan siber yang terjadi, pada perusahaan apa. Mungkin juga membantu untuk memperhatikan berita apa pun tentang masalah dengan teknologi anda sendiri dan tambalan untuk itu.


Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Melindungi Data Pribadi Di Internet. Semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar