--> Skip to main content

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan - Anda kesulitan mencari cara agar laptop anda terselamatkan akibat terkena cairan? anda tidak salah mengunjungi blog ini, pada artikel berikut ini akan kami ajarkan kepada anda mencegah laptop anda mengalami kerusakan setelah anda atau adik anda menumpahkan cairan diatas laptop anda. Perlu diingat bahwa meskipun informasi berikut ini adalah cara terbaik untuk menangani tumpahan sendiri, tidak ada jaminan bahwa laptop anda akan selamat, jika cara dibawah ini sudah anda coba dan tidak berguna sama sekali maka  solusi terakhir adalah membawa laptop anda ke tempat service yang berpengalaman.   Berikut akan kami ulas Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan
Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan - Anda kesulitan mencari cara agar laptop anda terselamatkan akibat terkena cairan? anda tidak salah mengunjungi blog ini, pada artikel berikut ini akan kami ajarkan kepada anda mencegah laptop anda mengalami kerusakan setelah anda atau adik anda menumpahkan cairan diatas laptop anda. Perlu diingat bahwa meskipun informasi berikut ini adalah cara terbaik untuk menangani tumpahan sendiri, tidak ada jaminan bahwa laptop anda akan selamat, jika cara dibawah ini sudah anda coba dan tidak berguna sama sekali maka  solusi terakhir adalah membawa laptop anda ke tempat service yang berpengalaman.

Berikut akan kami ulas Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan
Langkah-langkah
  • Cabut charger dari stop kontak yang terpasang di laptop dan matikan.
  • Balikkan laptop dan keluarkan baterai.
  • Putuskan sambungan peralatan eksternal termasuk speaker atau yang lain.
  • Buka laptop dan letakkan di atas handuk.
  • Bersihkan cairan yang tersisa.
  • Keringkan komponen internal termasul keybord, layar dan hilangkan kotoran lain jika ada.
  • Jika sudah, lalu biarkan proses pengeringan diatas setidaknya 24 jam sebelum dinyalakan.

Keterangan


1. Matikan laptop dan matikan segera sumber listrik

Untuk melakukannya, cukup tahan tombol daya laptop. Jika cairan menyentuh sirkuit pada laptop saat aktif, dan laptop andad segera dimatikan, kemungkinan besar laptop anda akan selamat, jadi waktu juga sangat penting. Untuk melepaskan laptop dari sumber listrik, cukup lepaskan kabel pengisian daya dari laptop. Biasanya di sisi kiri atau kanan laptop.

2. Balikkan laptop dan keluarkan baterai jika memungkinkan

Biasanya anda dapat melakukan hal ini yaitu dengan cara membalikkan laptop anda, menggeser panel dari bagian bawah laptop dan dengan lembut menarik baterai. Langkah ini tidak dimungkinkan pada MacBook tanpa terlebih dahulu membuka tutup bagian bawah laptop di bagian yang lain.

3. Cabut semua perangkat keras eksternal

termasuk item berikut:    Perangkat USB (flash drive, adaptor nirkabel, pengisi daya, dll.)
    Kartu memori
    Pengontrol (mis, Mouse snda)
    Pengisi daya laptop

4. Tempatkan handuk di permukaan datar

Di sini, anda akan mengonfigurasikan laptop anda untuk beberapa hari ke depan, jadi pilih area yang panas dan kering.

5. Buka laptop anda sebanyak mungkin

6. Bersihkan semua cairan yang tersisa

Bagian yang dibersihkan adalah bagian depan dan belakang layar, casing laptop dan keyboard. Pastikan hanya anda saja yang melakukan ini, atau paling tidak jika teman anda ingin membantu anda pastikan dia juga mengerti tentang laptop.
 

7. Perhatikan pakaian anda
Menghilangkan listrik statis dari pakaian atau tubuh anda. Listrik statis dapat dengan mudah mengalirkan rangkaian listrik, sehingga penting untuk melakukan langkah ini sebelum menyentuh kartu RAM atau hard drive.

8. Keringkan semua komponen internal yang basah

Untuk melakukan ini, anda memerlukan kain mikrofiber ( kain bebas serabut).

9. Hapus kotoran kering

Gunakan kain bebas serabut untuk menghilangkan semua noda, air, dan residu non-cair dengan lembut.

10. Biarkan laptop anda kering

Anda harus membiarkannya sendiri setidaknya selama satu hari. Ingatlah untuk menyimpan laptop anda di tempat yang kering dan hangat.
Jangan pernah menggunakan pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan laptop anda karena konsentrasi panas dari pengering rambut cukup kuat untuk merusak bagian internal laptop Anda.
 

11. Hidupkan laptop anda
Jika laptop anda tidak hidup maka langkah efektif terakhir adalah membawanya ke tempat service.

Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Cairan, semoga bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar