--> Skip to main content

Cara Membuat Blog Di Android

Cara Membuat Blog Di Android - Di era digital seperti saat ini banyak sekali artikel yang dibagikan  dan dipublikasikan di google, karena saking banyaknya, anda akan menemukan jutaan artikel bahkan milyaran artikel di mesin pencari seperti google.   Sebagai bukti nyata coba saja ketik berbagai keyword di google, pasti akan ada artikel yang muncul, tidak hanya itu saja. Di google banyak sekali artikel-artikel yang membahas berbagai macam tema atau niche. Jadi, jangan khawatir bagi anda jika mempunyai masalah dan google lah jawabannya.   Bagi anda yang ingin menulis artikel dan ingin anda publikasikan digoogle, anda tidak perlu memakai laptop atau komputer, anda juga bisa menulis artikel di smartphone android  anda. Untuk mengetahui cara membuat blog di android silakan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Blog Di Android - Di era digital seperti saat ini banyak sekali artikel yang dibagikan  dan dipublikasikan di google, karena saking banyaknya, anda akan menemukan jutaan artikel bahkan milyaran artikel di mesin pencari seperti google.

Sebagai bukti nyata coba saja ketik berbagai keyword di google, pasti akan ada artikel yang muncul, tidak hanya itu saja. Di google banyak sekali artikel-artikel yang membahas berbagai macam tema atau niche. Jadi, jangan khawatir bagi anda jika mempunyai masalah dan google lah jawabannya.


Bagi anda yang ingin menulis artikel dan ingin anda publikasikan digoogle, anda tidak perlu memakai laptop atau komputer, anda juga bisa menulis artikel di smartphone android  anda. Untuk mengetahui cara membuat blog di android silakan baca artikel ini sampai selesai.


Baca Juga: Apa Itu Google Adsense?

Untuk membuat blog pribadi, ada beberapa cara yang bisa anda buat. Yang pertama, anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak terlebih dahulu untuk membeli hosting dan domain (Alamat situs), kedua anda cukup membeli domain saja kurang lebih sekitar 150 ribu untuk satu tahun dan menggunakan hosting blogger, yang ketiga anda bisa menggunakan domain standard dan hosting standar milik blogger (blogspot) yang bersifat GRATIS.


Membuat blog dan menulis artikel didalamnya mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat anda dapatkan. yaitu, anda dapat membagikan ilmu yang anda punya kepada jutaan orang di internet, anda juga bisa mengetes kemampuan anda untuk menulis artikel dan juga menulis artikel dalam blog juga dapat menghasilkan uang melalui program google adsense ataupun program afiliasi marketing.
Cukup menarik bukan, coba anda pikirkan sebentar, daripada browsing suatu hal yang tidak ada manfaatnya, alangkah baiknya saat ini mulailah membuat blog.




Baca Juga: Keuntungan Menjadi Blogger

Bagaimana membuat blog secara gratis?
Nah, untuk membuat blog gratis, kami merekomendasikan anda untuk menggunakan blogger.com
Blogger.com merupakan  sebuah layanan publikasi situs yang telah diakuisisi oleh Google. Jika anda menggunakan blogger, maka anda akan mendapatkan subdomain blogspot.com
Sebagai contoh :  www.namaanda.blogspot.com.
Selain blogger, anda bisa juga menggunakan wordpress.com atau platform-platform lainnya. Tapi bagi para pemula kami merekomendasikan blogger saja karena untuk settingan mudah dipahami.


Baca Juga: 8 Situs Terbaik Untuk Membangun Sebuah Blog


Kami percaya bahwa mayoritas masyarakat Indonesia sudah mempunyai Smartphone android dan tentunya sudah bisa mengakses dan menyelami internet dengan sangat mudah. Maka dari itu saat ini kita harus pintar-pintar mengambil peluang sekecil apapun dan dengan menggunakan alat apapun dan yang terpenting kita harus mengoptimalkan sesuatu yang kita punya. Dan perlu anda ketahui usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Nah untuk tahap awal anda harus siapkan browser di smartphone android anda, disini saya merekomendasikan Chrome karena untuk sisi tampilan dan kecepatan responsivenya sangat bagus dan tentu saja isilah paket internet anda terlebih dahulu atau sambungkanlah android anda di wifi tetangga anda





Baca Juga: Cara Mendesain Blog Agar Menarik

1. Bukalah chrome di android anda

2. Kemudian buka blogger.com


3. Lalu sobat akan melihat tampilan seperti dibawah ini :



4. Jika anda belum membuat akun google maka buatlah terlebih dahulu setelah itu Masukkan email dan sandi anda.

5. Setelah berhasil login, klik buat blog baru.

6. Masukkan judul dan alamat blog yang ingin anda buat (jika ada notif url blog tidak tersedia, berarti anda harus menggantinya dengan alamat blog lain yang valid).

Catatan : Buatlah alamat blog yang mudah diingat. Jangan terlalu panjang, jangan menggunakan angka ataupun (-). Buatlah blog sebagai contoh mbokyah.blogspot.com.
 

Setelah itu

7. Pilih tema yang tersedia
 

Tips: Fokuslah pada konten yang ingin anda bagikan, setelah konten anda cukup banyak maka belilah template yang banyak dijual disitus-situs resmi, yang jauh lebih responsive dibanding template bawaan. Selain itu beli template juga support mobile friendly dan support SEO juga.

8. Terakhir, klik buat blog dan tunggu proses selesai.


Jika ada notifikasi Google Domains, klik lain kali atau klik tanda x saja, karena disini kita baru membuat blog awal.
Tips: Sama seperti template, domain juga penting dipikirkan dikemudian hari ketika konten dan artikel anda sudah cukup banyak, karena para pengunjung blog cenderung tertarik dengan domain .com .net atau yang lainnya ketimbang subdomain .blogspot atau .wordpress. Karena domain juga sebagai salah satu cirri keprofesionalisme sebuah domain atau website.


Baca Juga: Cara Agar Artikel Tampil Di Page One Google

Proses pembuatan blog tahap awal telah selesai, akan tetapi anda belum bisa langsung membuat konten artikel dan dipublish, anda harus mengatur setingan blog terlebih dahulu, anda harus mengatur beberapa hal dibawah ini:


Mengatur deskripsi blog


1. Klik setelan pada menu disebelah kiri anda


2. Klik edit pada deskripsi


3. Masukkan deskripsi singkat anda yang meliputi apa-apa saja yang akan anda bahas nantinya, deskripsi ini sangat penting untuk SEO karena deskripsi merupakan keyword otomatis yang sangat berguna untuk blog anda di mesin pencari google, dan  maksimal karakter yang dapat anda buat adalah 500. Sebagai contohya : “Blog berita terbaik yang membahas beragam berita terbaru dan viral yang meliputi olahraga, gaya hidup dan masih banyak lagi”..


Baca Juga: Kumpulan Topik Blog Yang Perlu Anda Bahas

Selain mengatur deskripsi, anda juga harus submit di google webmaster tool agar blog anda cepat terindek oleh Google.
Kalau anda masih pemula dan masih bingung dengan menu-menu yang ada ditampilan blog anda. Disini kami akan menjelaskan secara gambling yang kami tahu:

1. Postingan : Merupakan daftar artikel yang anda buat. Postingan meliputi artikel yang sudah dipublish ataupun artikel yang belum dipublish.


2. Statistik : Merupakan data statistik tampilan yang telah dibuka, baik itu yang membuka anda sendiri ataupun pengunjung blog anda, statistik ini dapat menunjukkan tampilan artikel anda selama satu hari, satu minggu, satu bulan, atau selama blog dibuat.


3. Komentar : Lewat menu ini, anda dapat melihat siapa saja yang berkomentar di artikel anda,.baik itu yang sudah diterbitkan atau masih dalam moderasi, anda juga dapat menghapus komentar yang mungkin tidak anda sukai lewat menu ini.


4. Halaman : Menu ini hampir sama dengan postingan, bedanya biasanya para blogger professional membuat desclaimer, privacy policy, sitemap, contact us, dan about me dibuat melalui menu ini.


5. Tata letak :  Menu ini berfungsi  untuk mengatur widget pada blog, seperti : “Artikel paling populer”, “Artikel terbaru” “label” Dan sebagainya.

6. Tema atau Template : Tema ini ada 2 jenis, yaitu bawaan blogger dan tema buatan pihak ketiga, seperti yang sudah saya jelaskan diawal artikel ini, jika anda membeli template milik pihak ketiga, anda bisa menggunakan menu ini untuk mengganti template bawaan anda dengan cara klik backup/pulihkan.


7. Setelan : Anda bisa mengatur settingan tingkat dasar ataupun tingkat lanjut dimenu ini, perlu diketahui, jika anda belum paham tentang setelan yang SEO untuk blog anda, saran saya jangan asal mengatur karena dapat berakibat fatal untuk blog anda sendiri.
Jika seorang Youtuber adalah membuat, mengedit dan mengupload video, maka pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis. Dan jika anda ingin menghasilkan uang dari hasil menulis anda, maka menulislah secara rutin, setidaknya 3 artikel setiap minggu.




Baca Juga: Cara Memasang Lagu Otomatis Pada Blog


Cara menulis di blog juga sangat mudah :

1. Klik kategori postingan


2. Klik Entri baru


3. Kemudian anda akan mendapat tampilan seperti berikut :
 


Penjelasan singkat mengenai menu tampilan postingan baru:

Judul  : Masukkan judul tulisan yang ingin dibuat
 

Logo tT : Untuk mengganti ukuran huruf
 

Logo gambar : Untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan yang sedang dibuat

Link : Untuk memasukkan link
 

B / I / U : Untuk membuat tulisan bold, tulisan miring, garis bawah
 

Logo A : Untuk mengganti warna text
 

Logo Video : Untuk memasukkan Video ke dalam artikel

Penjelasan menu pada bagian kanan :

Label : Ini untuk memberi kategori pada tulisan yang sedang anda dibuat.
 

Jadwal : Untuk mengatur kapan waktu artikel anda dipublikasikan secara otomatis
 

Tautan permanen : Alamat url blog anda, dengan ini anda bisa mengatur alamat artikel blog anda sesuai keinginan anda.
 

Lokasi : Dimana lokasi artikel anda ketika dipublikasikan.
 

Pilihan : Dengan menu ini anda bisa mengatur artikel anda bisa dikomentari atau tidak.

Jika artikel sudah anda publikasikan, maka secara otomatis artikel yang anda buat sudah terbit dan siap dibaca oleh jutaan pengguna internet.



Baca Juga: Cara Mengoptimalkan SEO Blog
 

Membuat blog memang  sangat mudah bahkan anda bisa membuat blog dengan waktu kurang dari 5 menit, yang sangat diperlukan dalam ngebloh adalah konsisten dan kreatif. Nah, kalau anda ingin sukses dalam ngeblog, yang terpenting seperti yang kami bilang tadi, pastikan anda konsisten mengupdate artikel secara berkala. Dan anda juga harus belajar ketingkat lebih lanjut, seperti SEO.

Selain belajar dan konsisten, pastikan juga sobat rajin promosi, Entah itu ke teman, keluarga dan sebagainya. Promosi juga bisa lewat sosial media, seperti facebook, twitter atau instagram. Tujuan promosi disini agar blog cepat dikenal orang-orang dan anda bisa mendapat pengunjung tetap.


Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Membuat Blog Di Android, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar