Skip to main content

Cara Mudah Membuat Sitelink Blogger

Cara Mudah Membuat Sitelink Blogger - Dikalangan blogger sitelink seperti digambar diatas tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai forum blogger, banyak para blogger yang menginginkan situsnya mempunyai sitelink. Banyak para blogger senior yang mengatakan diforum bahwa sitelink dapat meningkatkan SEO di blog, akan tetapi saya secara pribadi kurang percaya. Karena sampai saat artikel ini dibuat visitor atau pengunjung blog masih 1 penelusuran per hari dan kadang-kadang juga tidak ada visitor.     Jadi sebelum membahas lebih jauh lagi, mari kita ketahui apa itu sitelink? Sitelink merupakan sebuah situs yang ada didalam situs web atau blog yang meliputi link artikel maupun link halaman yang biasa disebut hyperlink. Secara teknis sitelink memang tidak bisa dibuat secara manual, karena sitelink ini merupakan hadiah dari google sendiri yang dilakukan oleh sistem algoritma. Tapi jangan khawatir, sitelink bisa dipancing oleh beberapa hal yang akan kami ulas dan mungkin dengan cara itu algoritma google akan menghadiahkan sitelink untuk situs blog anda.
Cara Mudah Membuat Sitelink Blogger - Dikalangan blogger sitelink seperti digambar diatas tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai forum blogger, banyak para blogger yang menginginkan situsnya mempunyai sitelink. Banyak para blogger senior yang mengatakan diforum bahwa sitelink dapat meningkatkan SEO di blog, akan tetapi saya secara pribadi kurang percaya. Karena sampai saat artikel ini dibuat visitor atau pengunjung blog masih 1 penelusuran per hari dan kadang-kadang juga tidak ada visitor.
 
Jadi sebelum membahas lebih jauh lagi, mari kita ketahui apa itu sitelink? Sitelink merupakan sebuah situs yang ada didalam situs web atau blog yang meliputi link artikel maupun link halaman yang biasa disebut hyperlink. Secara teknis sitelink memang tidak bisa dibuat secara manual, karena sitelink ini merupakan hadiah dari google sendiri yang dilakukan oleh sistem algoritma. Tapi jangan khawatir, sitelink bisa dipancing oleh beberapa hal yang akan kami ulas dan mungkin dengan cara itu algoritma google akan menghadiahkan sitelink untuk situs blog anda.

Baca Juga: 69 Cara Mencari Ide Topik atau Niche Untuk Blog

Di artikel ini akan kami jelaskan cara mudah membuat sitelink blogger yang merupakan pengalaman saya pribadi :

1. Pemilihan template

Template merupakan faktor terpenting dalam penilaian algoritma google, disini saya merekomendasikan template premium yang harus anda dipakai. Karena template premium pada umumnya sudah dibekali berbagai fitur lengkap SEO, seperti PageSpeed, Mobile Friendly, Struktur Data yang baik dan tentunya juga Responsif. Meskipun template premium itu berbayar, akan tetapi anda tidak akan lagi dipusingkan dengan script SEO yang mungkin belum anda ketahui. Anda bisa dengan mudah membelinya disitus-situs resmi seperti ditempatnya Mas Sugeng, Arlina Design dan masih banyak lagi, jangan khawatir dengan produk-produk mereka, karena mereka sudah terpercaya dan tidak dapat diragukan lagi dalam hal SEO di template mereka.

2. Navigasi

Penyusunan navigasi juga merupakan salah satu penilaian penting google, google akan menilai penyususan navigasi anda bagus atau tidak. Penyusunan navigasi yang bagus juga akan meningkatkan SEO situs anda, disamping untuk memudahkan pengunjung blog anda mudah untuk mengeksplor situs anda, navigasi juga dapat mempercantik tampilan situs blog anda.

Baca Juga: Cara Setting Robot txt dan Tag Tajuk Robot Khusus Pada Blogger

3. Buat jadwal saat publikasi artikel

Ketika anda menjadwalkan publikasi artikel anda secara konsisten, kemungkinan besar situs anda akan mendapatkan sitelink dari google dengan cepat. Karena google sangat menyukai situs yang secara konsisten membuat artikel dan mempublikasikannya secara teratur. Saya merekomendasikan buatlah situs satu minggu 2 artikel saja yang dipublikasikan, bila ada sisa artikel maka jadwalkan saja untuk mengantisipasi jika anda kehabisan ide. Karena pengalaman saya pribadi membuat artikel 1 saja sudah pusing 7 keliling kampung.

Baca Juga: Cara Jitu Mencari Ide Untuk Konten Blog

4. Avoid external links

Jangan membuat link eksternal diluar blog anda, jika anda membuat link diluar blog anda terlebih lagi situs milik orang lain tentu ini akan merugikan anda, karena anda telah membuat backlink untuk mereka. Lebih baik anda membuat tautan milik anda sendiri atau link internal sebagai contoh anda dapat membuat 'Baca Juga' dalam setiap postingan anda.

5. Sitemap

Untuk para blogger, sitemap merupakan sebuah hal yang wajib untuk diletakkan di halaman statis blog dan juga harus disubmit di Google webmaster, kegunaannya tidak jauh berbeda dengan navigasi yaitu memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui artikel-artikel yang anda posting. Perbedaanya kalau navigasi hanya menampilkan label dari postingan anda tetapi kalau sitemap lebih terperinci lagi, bukan hanya label akan tetapi sitemap juga menampilkan seluruh judul yang anda posting.
Disamping itu sitemap juga berguna sebagai jalur masuknya crawl google untuk merayapi semua hal yang anda posting dan tentu saja dengan itu google akan menilai situs anda layak diberi sitelink atau tidak.
 
Baca Juga: Cara Membuat Sitemap Blog

6. Sabar

Tidak hanya demi membuat sitelink saja anda harus bersabar, dalam segala aktifitas blogging anda juga harus sabar dan jangan lupa berdoa.

Penting :
Dalam pencarian saya dalam internet mengenai Cara Membuat Sitelink Blogger, banyak saya temukan bahwa untuk membuat sitelink blog harus memperhatikan umur blog, TLD (domain tingkat atas), atau hal-hal yang tidak saya ulas diatas menyebutkan itu merupakan hal-hal penting. Akan tetapi dari pengalaman saya pribadi umur blog ini masih kurang dari satu bulan dan domain selama artikel ini diterbitkan masih blogspot malah sudah dihadiahi sitelink oleh google.

Baca Juga: 8 Cara Optimisasi SEO Untuk Blog

Jadi, itu semua tidak menjamin bahwa anda akan dihadiahi google sitelink dengan syarat umur blog dan harus TLD. Sudah saya jelaskan diawal artikel ini bahwa sitelink merupakan penilaian otomatis milik algoritma google, disini saya mendapatkan sitelink dengan menerapkan 6 hal yang telah saya ulas diatas. Semua itu kembali kepada anda sendiri.

Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Mudah Membuat Sitelink Blogger, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar