--> Skip to main content

8 Kelebihan Google Chrome

8 Kelebihan google chrome - Dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak bisa terlepas dari kata browsing, mulai dari untuk mengerjakan tugas sekolah, mendownload sesuatu, mencari resep makanan, dan masih banyak lagi yang pastinya sering kamu lakukan ketika sedang mencari sesuatu di internet.    Google chrome atau sering disapa dengan sebutan chrome merupakan browser yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan browsing di internet. Walaupun google chrome ini terbilang cukup muda dibandingkan pendahulunya seperti internet explorer, mozilla firefox, dan netscape navigator namun google chrome ini merupakan browser paling sering digunakan oleh user atau pengguna.


8 Kelebihan google chrome - Dalam kehidupan yang serba online ini, pasti anda tidak bisa terlepas dari yang namanya browsing, mulai dari untuk mengerjakan tugas sekolah, mendownload sesuatu, mencari resep makanan, dan masih banyak lagi yang pastinya sering kamu lakukan ketika sedang mencari solusi permasalahan anda di internet.

Google chrome atau sering disapa dengan sebutan chrome merupakan browser yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan browsing di internet. Walaupun google chrome ini terbilang cukup muda dibandingkan pendahulunya seperti internet explorer, opera mini, mozilla firefox, dan netscape navigator namun google chrome ini merupakan browser paling sering digunakan oleh user atau pengguna.

Tidak mungkin bisa laris bila tidak ada kelebihan yang mengungguli yang lainnya. Google chrome tentunya memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh browser lainnya sehingga browser chrome bisa menjadi browser terlaris hingga saat ini. Menurut saya salah satu kelebihan chrome adalah fiturnya yang begitu komplit sehingga kelebihan ini yang memaksa saya untuk menggunakan google chrome untuk membuka situs yang ada google.

Lalu apalagi sih kelebihan dari browser google chrome ini?

Berikut adalah 8 Kelebihan Browser Google Chrome


1. Desain Yang Minimalis

Desain google chrome merupakan keunggulan utama dari browser ini. Pada tampilan chrome tidak ada fitur-fitur yang berlebihan sehingga membuat user begitu mudah untuk menggunakan fitur-fitur penting yang ada di google chrome dan user pun tidak kebingungan untuk browsing dengan bantuan google chrome ini. Desain yang minimalis sehingga nyaman untuk dilihat serta digunakan user disebut sebagai User-friendly dan bila dalam dunia programming disebut dengan desain UI/UX.

2. Ringan Untuk Digunakan

Google chrome pertama kali diinstall (belum install extensi apapun) membuat browser chrome ini ketika dibuka tidak membuat laptop ataupun hp ngelag ketika mengaksesnya. Pada dasarnya browser chrome ini dibuat seminimalis mungkin untuk mengurangi penggunaan bahasa program yang dapat membuat browser ini menjadi lebih ringan ketimbang banyak fitur yang bisa membuat browser menjadi lebih berat (lag, lemot, ataupun not responding). Menggunakan google chrome tidak terlalu memakan RAM sehingga bila kamu menggunakan laptop ataupun hp dengan RAM kecil tidak perlu takut untuk menggunakan browser ini karena browser ini sangat ramah bagi pengguna.

3. Ekstensi/Plugin/Add-On

Sebut saja ekstensi, fitur google chrome yang paling penting menurut saya adalah ekstensi yang terbilang sangat lengkap mulai dari untuk kebutuhan ngoding, ngeblog, download video, hingga untuk translate ada di browser ini. Sehingga untuk melalukan kegiatan rutin di internet, kamu wajib nih menggunakan browser chrome lalu menginstall ekstensi sesuai kebutuhan kerja kamu. Sudah saya buktikan ketika saya mencari ekstensi yang ada di chrome namun di mozilla firefox tidak ada. Keren bukan?

Namun ingat semakin banyak kamu menginstall ekstensi, maka semakin berat juga google chrome ketika dijalankan karena pada dasarnya plugin atau ekstensi itu sama saja menambahkan fitur baru pada chrome sehingga membuat proses jalannya browser chrome ini menjadi lebih berat. Jadi install saja ekstensi yang menurutmu benar-benar penting.

4. Tab Pencarian

Menu tab di browser ini terbilang sangat minimalis namun dilengkapi dengan fitur yang sangat penting seperti open new tab, close tab, pin tab (mengecilkan tab), duplicate tab, dan masih banyak lagi yang pastinya sangat membantu kita ketika ingin membuka banyak situs atau website di browser google chrome ini.

5. Fitur-fitur Tambahan Yang Menarik

Google chrome ini tidak mungkin laris bila tidak dilengkapi dengan beberapa fitur menarik yang tentunya bisa sangat bermanfaat apabila sangat diperlukan. Salah satu fitur yang bisa terbilang sangat bermanfaat adalah Incognito window (tap penyamaran), history, zoom, bookmark, dan masih banyak lagi yang pasti tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Semua fitur itu mungkin tidak langsung berguna bagi kamu sekaligus, kadang ada kalanya kamu sangat memerlukan fitur tersebut dan ada juga kalanya tidak membutuhkan fitur tersebut.

6. Mendeteksi Keyword Yang Diketik

Nah fitur ini sangat penting sekali bagi seorang blogger ketika ia hendak ingin mencari kata kunci yang sesuai untuk judul artikelnya. Namun fitur ini juga bisa sangat berguna bagi kamu ketika ingin mencari sesuatu menggunakan kata kunci namun belum selesai mengetikkan kata kunci maka akan diberikan list kata kunci yang dapat kamu gunakan dalam sekali klik.

Misalnya kamu ingin mencari sesuatu seperti baju untuk lebaran terbaik. Maka ketika kamu baru mengetik "baju untuk" maka akan langsung direkomendasikan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan baju untuk misalnya baju untuk lebaran terbaik, baju untuk bayi, baju untuk pacar biar serasi, dan masih banyak lagi. Jadi istilahnya kamu baru mangap langsung di tebak kamu mau ngomong apa.

7. Mengganti Tema

Google chrome karena tampilannya minimalis pasti ada sebagian orang yang kurang suka dan ingin mengubah tampilan tersebut supaya lebih keren. Kamu bisa mengubah tampilan google chrome menggunakan tema yang telah disediakan di website resmi browser google chrome. Untuk mengganti tema google chrome, kamu bisa baca cara mengganti tema google chrome.

8. Support Software Internet Download Manager

Bagi kamu yang suka mendownload di youtube, facebook, dan sebagainya kamu bisa menggunakan software internet download manager (IDM) dengan mudahnya di browser google chrome. IDM sendiri ketika ingin digunakan kedalam suatu browser maka browser tersebut harus menginstall ekstensi ataupun plugin IDM terlebih dahulu di browser tersebut. Nah tidak semua browser bisa menggunakan (support) IDM karena ekstensi IDM tidak tersedia di website resmi browser tersebut sehingga ketika user menggunakan browser tersebut, maka IDM tidak akan berjalan ketika user mendownload sesuatu di browser tersebut.

Salah satu kelebihan google chrome adalah banyaknya ekstensi yang disediakan sangat berlimpah yang bisa kamu pilih sesuka hati salah satunya ekstensi Internet Download Manager ini.

Demikianlah ulasan kami mengenai 8 Kelebihan Google Chrome, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar