--> Skip to main content

Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google

Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google - Impian semua blogger adalah ketika selesai menulis artikel, kemudian dipublish lalu langsung terindex oleh google dan nangkring di page one, rasanya bagaikan beristri dua.    Akan tetapi resep itu sangatlah langka dan bila beli sangatlah mahal, jika menginginkan hal yang sudah kami sebutkan diatas, maka jalan satu-satunya adalah belajar SEO.    Belajar dan mempelajari SEO tidaklah mudah dan bisa juga dibilang susah. Kunci utama saat mempelajari SEO itu ada 2 macam tehnik, yaitu off page dan on page yang dimana off page.    Disini kami tidak akan membahas mendalam mengenai SEO, akan tetapi kami akan membahas Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google.    Akan tetapi alangkah baiknya anda simak beberapa keterangan dibawah ini.    Apa itu deindex?    Deindex merupakan artikel yang mulanya sudah muncul  (dengan keyword) dan berada di search engine google kemudian hilang begitu saja, walaupun sudah dicari dengan keyword yang sama dengan judul artikel yang awalnya ada.    Untuk menghindari artikel anda deindex oleh google, maka penjelasan dibawah ini perlu anda pelajari agar tidak terkena deindex dari google.    Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google


Penyebab Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google
- Impian semua blogger adalah ketika selesai menulis artikel, kemudian dipublish lalu langsung terindex oleh google dan nangkring di page one, rasanya bagaikan beristri dua.

Akan tetapi resep itu sangatlah langka dan bila beli sangatlah mahal, jika menginginkan hal yang sudah kami sebutkan diatas, maka jalan satu-satunya adalah belajar SEO. Belajar dan mempelajari SEO tidaklah mudah dan bisa juga dibilang susah. Kunci utama saat mempelajari SEO itu ada 2 macam tehnik, yaitu off page dan on page yang dimana off page.

Disini kami tidak akan membahas mendalam mengenai SEO, akan tetapi kami akan membahas Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jingling Pada Blogger

Akan tetapi alangkah baiknya anda simak beberapa keterangan dibawah ini.

Apa itu deindex?

Deindex merupakan artikel yang mulanya sudah muncul  (dengan keyword) dan berada di search engine google kemudian hilang begitu saja, walaupun sudah dicari dengan keyword yang sama dengan judul artikel yang awalnya ada.

Untuk menghindari artikel anda deindex oleh google, maka penjelasan dibawah ini perlu anda pelajari agar tidak terkena deindex dari google.

Baca Juga: Cara Cek Artikel Sudah Terindek atau Belum

Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google

1. Robot.txt

Untuk blogger, jika anda masih pemula dan tidak mengerti mengenai Robot.txt ataupu tag tajuk pada setelan blogger, sebaiknua jangam mengotak-atik menu tersebut yang dapat mengakibatkan artikel anda deindex. Saran dari kami nonaktifkan saja menu robot.txt dan biarkan berada pada setelan default saja.

Satu manfaat yang kami temukan melalui fitur robot.txt adalah mencegah duplikat konyen pada satu blog, jadi jika masalah blog anda terjadi duplikat konten. Maka solusinya adalah melalui robot.txt tersebut.

2. Situs Down Atau Not Found

Salah satu tugas search console atau google webmaster tool adalah memantau semua aktifitas blog setiap saat atau real time. Ketika artikel  anda sedang dipantau tiba-tiba lemot ataupun tidak bisa dibuka saat di rayapi google webmaster tool, anda akan menghambat proses perayapan. Sehingga google menyatakan artikel tidak berguna bila ada di google sekalipun, yang pada akhirnya artikel anda deindex oleh google. Biasanya masalah ini muncul karena sesunan script template anda kurang SEO, maka dari itu saya merekomendasikan template-template yang sudah terpercaya dah lebih bagusnya lagi mempunyai template premium.

3. Terlalu Banyak Link

Mencari backlink adalah salah satu tehnik SEO dalam blog, akan tetapi dalam pencarian backlink juga harus diperhatikan, jangan sampai memasang backlink disemua situs yang anda jelajahi. Karena jika anda melakukan itu semua maka komentar anda beserta link yang anda berikan akan dicap sebagai spam. Apapun itu jika dilakukan dengan berlebihan memang tidak baik.

4. Kurangnya Tautan link

Artikel blog selalu dirayapi oleh google spider yang dimana google spider memperioritaskan tautan yang direkomendasikan baik internal link ataupun eksternal link yang tertuju kepada suatu artikel. Bila artikel kamu tidak mempunyai tautan internal link ataupun eksternal link, maka google mengangkap artikel itu tidak berkualitas.

Maksudnya adalah?

Kami contohkan ketika anda membuat artikel 1 dan di artikel 1 anda itu tidak ada tautan yang mengarah ke dalam artikel 1. Jadi sebaiknnya kamu membuat artikel 1 kemudian di artikel 2 anda memasang link tautan menuju ke artikel 1. Bisa antar artikel di dalam blog (internal link) ataupun dari blog orang lain (eksternal link).

Tautan tersebut dapat diibarat sebagai rekomendasi, bila artikel anda tidak ada yang merekomendasikan ya otomatis google juga tidak akan melirik ke artikel anda.

Baca Juga: Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Cara Mengatasinya

5. Melakukan PING Secara Berlebihan

Melakukan ping artikel memang baik untuk SEO artikel supaya artikel cepat terindex oleh google. Namun bila anda melakukannya secara berlebihan juga dapat  menjadi boomerang bagi blog anda sendiri. Anda cukup melakukan ping artikel sehari sekali saja supaya tidak dianggap spam oleh search engine.

6. Artikel COPAS

Artikel COPAS sering kali diabaikan oleh google, bahkan bila artikel COPAS di index oleh google maka si pemilik artikel originalnya melaporkan artikel COPAS anda ke google DMCA. Hasilnya artikel anda terkena deindex google. Jadi kami sarankan anda jangan pernah coba-coba copy paste artikel orang lain tanpa seizinnya, dan kalau bisa kamu rewrite artikel saja artikel orang lain serta anda tambahkan beberapa poin supaya tidak terlalu terlihat mirip.

7. Duplikat Artikel

Hampir sama dengan artikel COPAS, jika anda mengganti domain tanpa menggunakan redirect link, maka domain lama anda akan dinggap sebagainblog yang berbeda oleh google. Sehingga domain baru akan dianggap copas dari domain lama. Saran dari kami sebaiknya anda jangan terlalu sering mengganti nama domain.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging

Selain itu, artikel copas maupun duplikat artikel akan mengakibatkan artikel anda tidak akan pernah lagi diindek oleh google selamanya atau akan dimasukkan ke sandbox. Jadi jangan macam-macam dengan google.

Demikianlah ulasan kami mengenai Alasan Artikel Tidak Tampil Di Mesin Pencari Google, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar