--> Skip to main content

Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat  - Pernah tidak kalian merasa bosan karena menunggu loading komputer atau laptop anda yang sangat lama ? mengesalkan bukan? oleh karena itu pada artikel kali ini saya mau berbagi tips nih tentang Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lambat . Sebelum berbagi seperti biasa saya ingatkan supaya anda membacanya dari awal sampai akhir sehingga manfaat yang dirasakan hasilnya maksimal


Cara Mengatasi Komputer Lambat


Berikut Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya. 

1. Kekurangan Memory 
Ram yang kurang memadai sangat berpengaruh pada melambatnya kinerja laptop anda . Oleh karena itu cobalah upgrade RAM anda ke RAM yang memiliki kapasitas lebih memadai lagi

2. Terlalu banyaknya program yang terinstall.
Secara pribadi Kami sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Programdi Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut. 

3. Terlalu banyak  aplikasi dan service yang berjalan.
Semakin banyak aplikasi yang terinstall, semakin banyak pula aplikasi dan service yang akan dijalankan ketika windows startup. 

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.
4.Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting yaitu lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

5. Hardisk Bermasalah

Hardisk dapat menyebabkan komputer menjadi lambat. hal hal yang mempengaruhi diantaranya adalah sebagai berikut ini:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas yaitu:
- Tambah kapasitas Hardisk anda
- Lindungi hardisk dari goncangan dan debu

Apabila kalian mempunyai budget lebih, Kami sarankan untuk mengganti hardisk yang terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

6. Komputer Berisi Virus
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan windows safe mode , matikan fasilitas system restoredan gunakanlah program anti virus seperti smadav atau yang lainnya  untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

7. Banyak System File Corrupt
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang yaitu dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

8. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

Mungkin itu saja yang bisa Kami share kepada kalian semua,
Semoga artikel Cara Mengatasi Komputer Lambat  bisa bermanfaat share kalian yang membutuhkannya. apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan apabila ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar