5 Cara unik Kreasikan Gula Karamel pada makanan dan minuman

Gula, selain dari rasanya yang manis, juga bisa mempercantik tampilan makanan. Dengan bentuk lain jika dilelehkan. Yakni sebagai gula karamel. Dengan warnanya yang khas, seperti kuning kecoklatan. Gula karamel bisa dibentuk menjadi beragam cara. Tergantung akan diterapkan pada jenis makanan ataupun minuman. Berikut ini ulasan beberapa cara unik. Untuk mengkreasikan gula karamel pada makanan atau minuman. Antara lain:

  • Sirup caramel

Sirup karamel merupakan salah satu bentuk kreasi dari gula karamel. Bentuknya sayur seperti madu yang bisa digunakan untuk campuran, jus, kopi, es krim dan minuman jenis lainnya. Untuk beberapa jenis makanan juga bisa seperti dioleskan pada pancake.

  • Saus karamel

Berbeda halnya dengan sirup caramel. Untuk saus karamel karakteristiknya dari tekstur lebih kental. Pas karamel digunakan sebagai isian pada olahan makanan seperti donat hingga kue seperti brownies, cake dan lainnya.

  • Permen ayam

Permen yang dimaksud di sini dibuat dari gula karamel yang leleh. Kemudian ditambahkan tusuk bambu sebagai pegangannya. Dan dibentuk saat masih panas dengan bentuk ayam. Umumnya permen jenis ini dapat ditemukan di sekitar sekolah. Dimana sebagian besar peminatnya adalah anak-anak.

  • Krispi

Crispy dari gula karamel ini bentuknya dari lelehan gula caramel. Yang dituangkan di atas piring hingga dingin. Setelah mengeras kemudian bisa dijadikan hidangan camilan ataupun topping. Di beberapa jenis makanan, seperti ice cream ataupun puding.

  • Campuran adonan

Warna karamel juga dapat dijadikan campuran adonan seperti kue. Hasil akhirnya pun, adonan ini akan di masukkan ke dalam oven. Setelah itu menjadi kue karamel. Kue karamel ini adalah bentuk olahan makanan sederhana. Dimana komposisinya terdiri dari tepung terigu telur, serta gula karamel.

Beberapa reaksi gula karamel untuk makanan tersebut, bisa dijadikan inspirasi kamu. Dalam berbagai macam kreasi makanan dengan gula. Agar bisa bebas berekspresi dengan menggunakan gula caramel. Sebaiknya membuat gula caramel, dengan cara memanaskan gula di tambahkan setengah gelas air. Tujuannya adalah, agar gula karamel tetap dalam bentuk lelehan dan tidak mengeras.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Pengertian Equity Crowdfunding Serta Jenisnya
Next post Dukung Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Indonesia