Kabar Euro 2020: Tak Sumbang Pemain ke Timnas Spanyol, Real Madrid Salah Apa?

Timnas Spanyol telah mengumumkan skuat untuk Euro 2020 yang akan digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli 2021. Komposisi pemain Timnas Spanyol untuk Euro 2020 bisa dibilang cukup membuat heboh, lantaran tak ada satupun pemain Real Madrid di dalamnya. Real Madrid bahkan kalah dari klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers yang mengirim satu pemainnya ke Timnas Spanyol untuk Euro 2020.

Timnas Spanyol akan tergabung di grup E bersama Timnas Swedia, Polandia, dan Slovakia. Para pecinta sepak bola tak jarang yang garuk garuk kepala dan keheranan dengan keputusan Luis Enrique tak menyertakan pemain Real Madrid ke timnas berjuluk La Furia Roja itu. Di atas kertas, pertanyaan tersebut memang lumrah ditujukan untuk eks arsitek Barcelona itu.

Menilik lebih jauh, pertanyaan justru lebih tepat diarahkan kepada Real Madrid sendiri. Komposisi pemain Los Blancos untuk musim ini bisa dibilang tak terlalu berubah dari musim lalu. Pemain penting seperti Toni Kroos, Karim Benzema, dan Luka Modric tetap bertahan di Stadion Alfredo Di Stefano.

Selain itu, El Real juga memiliki beberapa pemain berdarah Spanyol di dalam skuatnya. Sergio Ramos, Dani Carvajal, dan Lucas Vazques menjadi contoh punggawa Los Blancos yang seorang Spaniard tulen, dikutip dari Transfermarkt. Dari sisi kewarganegaraan memang El Real tak kekurangan pemain asal Spanyol.

Namun, bila mengadu para pemain tersebut dengan komposisi yang dipilih Luis Enrique, barangkali ceritanya akan berbeda. Selain Sergio Ramos, praktis belum ada pemain tim Ibu Kota ini yang bisa bersaing head to head dengan pemain yang masuk timnas. Ditambah lagi pada musim 2020/2021 ini, terpaan cedera sekan menjadi teman karib bagi Real Madrid mengarungi segala kompetisi.

Pemain seperti Sergio Ramos dan Lucas Vazques harus merelakan tempatnya di tim nasional dicaplok pemain lain yang lebih bugar. Bahkan, Sergio Ramos dapat memaklumi keputusan Luis Enrique yang meninggalkannya untuk menonton Euro 2020 dari rumah. Faktor kebugaran dan cedera lah yang menghambat pemain berusia 34 tahun itu membela La Furia Roja di Euro 2020.

"Terasa menyakitkan tak bisa membela negara saya sendiri, tetapi dalam kasus ini, hal terbaik untuk saya adalah beristirahat untuk pulih dari cedera," ungkap Sergio Ramos dikutip dari Daily Mail . "Saya berjuang setiap hari dan bekerja keras untuk mencapai kondisi 100 persen bagi Real Madrid dan Timnas Spanyol." "Namun, hidup tak selalu seperti yang diharapkan," sambungnya.

Real Madrid masih memiliki pemain Spaniard lainnya dalam diri Isco dan Marco Asensio. Namun, kedua pemain itu tengah mengalami penurunan performa yang cukup kentara musim ini. Terkhusus bagi Isco, ia bahkan harus merelakan tempatnya di starting eleven diambil oleh pemain lain yang lebih nyetel dengan permainan tim.

Praktis, pilar pilar asal Spanyol di kubu Real Madrid hanya memainkan peran 'pengganti' saja. Peran vital seperti penjaga gawang, playmaker , dan juru gedor semua diambil alih oleh pemain luar Spanyol. Di sektor penjaga gawang, ada nama pemain Timnas Belgia, Thibaut Courtois di sana.

Ia selalu tampil bagi Real Madrid dan jarang sekali absen. Selanjutnya, ada nama Luka Modric dan Toni Kroos yang menjadi playmaker andalan Los Blancos. Keduanya mampu menggusur Isco dan Asensio yang biasanya melenggak lenggok dari lini tengah atau samping tim.

Untuk posisi striker, nama Karim Benzema tentu tak perlu diragukan lagi kontribusinya bagi El Real. Melihat faktor faktor di atas, rasanya tak mengherankan bila Luis Enrique tak melirik punggawa Los Blancos di tubuh Timnas Spanyol untuk Euro 2020. Hal tersebut sekaligus dapat menjadi refleksi bagi manajemen Real Madrid untuk memberi ruang dan perhatian lebih pada talenta asal Spanyol di skuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Sinopsis Brick Mansions: Aksi Paul Walker sebagai Polisi yang Menyamar untuk Ungkap Pembunuh Ayahnya
Next post Peringatan dari BMKG Minggu, 30 Mei 2021: Waspada DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin