Kasus Covid-19 Naik, Gubernur Anies Minta Perkantoran di Zona Merah WFH 75 Persen

Untuk mengantisipasi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil sejumlah kebijakan penting. Diantaranya memutuskan seluruh perkantoran yang berada di zona merah Covid 19 untuk menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH) 75 persen dari total pegawai. Hal ini merujuk pada Keputusan Gubernur DKI Nomor 759 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Berbasis Mikro yang diteken Anies pada 14 Juni 2021.

"Zona merah work from home atau WFH sebesar 75 persen dan WFO (work from office) sebesar 25 persen," kata Anies dalam Kepgub tersebut seperti dikutip , Kamis (17/6/2021). Sementara untuk perkantoran yang berada di zona kuning dan oranye, Anies mengungkapkan masih dapat menggelar WFH maupun WFO dengan kapasitas masing masing 50 persen. Anies juga menegaskan agar semua perusahaan atau perkantoran tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat demi menekan kasus Covid 19 di Ibu Kota.

Diberitakan , angka kasus positif Covid 19 di DKI Jakarta mengalami lonjakan drastis. Hari ini, Kamis (17/6/2021), kasus positif Covid 19 di DKI Jakarta bertamabah 4.144. Tambahan kasus hari ini diketahui lebih tinggi dibanding laporan harian beberapa waktu terakhir yang berada pada kisaran 1.000 2.000 kasus per hari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menjelaskan tambahan kasus ini ditemukan berdasarkan tes PCR terhadap 23.913 spesimen. Dari jumlah tes tesebut, 16.499 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru, dengan hasil 4.144 positif dan 12.355 negatif. Temuan ini kata Dwi mendekati rekor tertinggi yang pernah terjadi di DKI pada 7 Februari 2021 lalu.

"Jika kita kilas balik, kasus hari ini mendekati angka tertinggi yang pernah terjadi pada 7 Februari 2021, yang mana mencapai 4.213 kasus dalam sehari," kata Dwi dalam keterangannya, Kamis (17/6/2021). Terhadap temuan kasus hari ini, Dwi meminta masyarakat tidak menyepelekan pandemi Covid 19. Masyarakat diminta terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Corona yang disebut kian cepat.

"Kami imbau masyarakat terus waspada terhadap penularan Covid 19 yang semakin cepat dan selalu menerapkan 5M di manapun dan kapanpun," kata dia. Adapun distribusi 4.144 kasus positif hari ini, yaitu Kepulauan Seribu 5 kasus, Jakarta Barat 824 kasus, Jakarta Pusat 490 kasus, Jakarta Selatan 932 kasus, Jakarta Timur 1.370 kasus, dan Jakarta Utara 523 kasus. Kecamatan dengan jumlah kasus terbanyak, antara lain Cengkareng 205 kasus, Duren Sawit 189 kasus, Cipayung 177 kasus, dan Jagakarsa 172 kasus.

Jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 458.815 kasus. Dari jumlah total kasus positif, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 428.487, dan total 7.717 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,7 persen, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,8 persen. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro di wilayah Ibu Kota.

Anies menetapkan PPKM hingga dua pekan karena penyebaran Covid 19 di DKI Jakarta dalam kondisi yang memerlukan perhatian ekstra. "Bila kondisi sekarang tak terkendali, kita akan masuk fase genting, dan jika fase itu terjadi, maka kita harus ambil langkah drastis seperti yang pernah dialami bulan September dan Februari tahun lalu," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, kondisi pandemi di Ibu Kota menunjukkan tren yang mengkhawatirkan, karena peningkatan terjadi terus menerus dan signifikan, terutama pascalibur lebaran.

Anies tengah menguatkan sinergi dan kolaborasi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh elemen masyarakat guna mengintervensi dan mengantisipasi Jakarta masuk ke fase genting. "Unsur rakyat warga dengan pemerintah dan penegak hukum, harus kolaborasi, masyarakat menjalankan 3M dan kita (di pemerintahan) semua laksanakan 3T," tegas Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Alasan Persib Bandung Batalkan Ujicoba Lawan Persipura
Next post Cara Mudah Bayar Langganan Netflix Lewat GoPay