Ketua ITAGI: Vaksinasi Tidak Menjamin 100 Persen Bebas Covid-19

Sejumlah orang terpapar Covid 19 meski telah menerima vaksinasi dosis lengkap. Seperti yang dialami Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Ia dikabarkan terpapar Covid 19, meskipun sudah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Sejumlah ahli dan pakar mengungkapkan, masih ada potensi seseorang terpapar meski telah menjalani vaksinasi. Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Prof Dr Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, pemberian vaksin tidak memberi jaminan 100% bebas dari Covid 19. Namun, orang yang telah menjalani vaksinasi tidak akan mengalami gejala berat jika terinfeksi Covid 19 lantaran tubuhnya telah memiliki imunitas.

"Vaksinasi tidak menjamin 100 persen bebas Covid 19, tapi, kalau kena juga tidak berat karena sudah imun," katanya dalam konferensi pers yang diadakan BPOM secara virtual, Senin (11/1/2021). Untuk menghasilkan antibodi maksimal, vaksinasi Covid 19 dilakukan dua kali suntikan. "Kita perlu waktu untuk meningkatkan antibodi, paling tidak setelah dua kali suntik itu 14 hari sampai 1 bulan baru maksimal antibodinya," ungkap Sri.

Karena itu, meski sudah divaksinasi protokol kesehatan tetap harus dilakukan. "Jadi kalau sudah diimunisasi kena Covid 19 InsyaAllah tidak berat kalau dia memang imun, karena kita tidak bisa tahu apakah virus yang kena itu ganas," kata Prof Sri. Hal senaga diungkapkan Juru bicara vaksinasi Covid 19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi.

Ia mengatakan, tak ada jaminan seseorang bebas dari Covid 19 terlebih efikasi vaksin beragam mulai dari 60 sampai 95 persen. Namun, vaksin dapat membuat seseorang yang terpapar Covid 19 tehindar dari risiko berat hingga fatal. "Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan RS sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen. Jadi kalau mobilitas tinggi, ini dalam situasi pandemi, yang. artinya jumlah dan laju penularan sangat besar, maka risiko untuk tertular juga besar," kata dia beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post 10 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Merauke, Disebut akan Mengebom Gereja Minggu Besok
Next post PREDIKSI Grup B Euro 2020: Tantangan Roberto Martinez Racik Lini Belakang Timnas Belgia