KUNCI JAWABAN Tema 2 Kelas 5 SD Halaman 41 42 43 44 Buku Tematik Pembelajaran 5 Subtema 1

Simak soal dan kunci jawaban tema 2 kelas 5 SD halaman 41, 42, 43, dan 44 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 5. Buku Tematik Tema 2 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Udara Bersih bagi Kesehatan. Subtema 1 dalam Buku Tematik Tema 1 Kelas 5 SD adalah Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal Subtema 1 Pembelajaran 5 halaman 41, 42, 43, dan 44. Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. Simak kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 SD halaman 41, 42, 43, dan 44 Buku Tematik, Subtema 1 Pembelajaran 5.

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah. Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru paru membesar. Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas. Jawaban: Saat kita menghirup udara, maka diagragma akan berkontraksi menjadi lebih datar.

Paru paru membesar untuk menampung udara yang kita hirup. Kemudian saat kita menghirup udara, otot otot tulang rusuk bergerak mengangkat tulang rusuk dan paru paru membesar. Saat kita membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk berubah mengendur.

Paru paru kembali mengkerut ke ukurannya yang lebih kecil. Bernapas merupakan kegiatan yang sangat penting. Pernapasan kita dapat dilatih dengan berolahraga. Dengan organ pernapasan yang terlatih baik, kamu dapat mengatur pernapasan dengan lebih baik. Pengaturan pernapasan sangat diperlukan misalnya pada saat kamu menyanyi. Coba, nyanyikan lagu ini. Lagu “Gugur Bunga” termasuk lagu bertangga nada diatonis minor. Tahukah kamu ciri ciri lagu bertangga nada diatonis minor?

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam macam. Salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut. Ciri ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut. 1. Lagu bersifat sedih. 2. Lagu kurang bersemangat. 3. Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6. Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 dan diakhiri nada 6. Siapkan alat musik sederhana, misalnya pianika atau alatmusik lain yang ada di daerahmu. Cobalah mainkan lagu “Gugur Bunga” dengan menggunakan alat musik tersebut.

Bagaimana pengaruh otot diafrgama terhadap proses pernapasan pada manusia? Mintalah orang tuamu menceritakan permainan dan lagu masa kecil mereka. Mintalah mereka mengajarimu cara melakukan permainan itu dan menyanyikan lagu masa kecil mereka itu. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Kabar Jeff Smith Setelah Empat Bulan di Penjara, Kuasa Hukum: Kurusan Tapi Tetap Ganteng
Next post Hasil Kajian Penggunaan Vaksin Sinovac dan Sinopharm Sebagai Syarat Perjalanan Umrah Segera Dirilis