KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 89 90 91 92 93 94 Buku Tematik: Buah dan Manfaatnya

Berikut ini kunci jawaban Tema 4 Kelas 2 SD halaman 22, 23, 24, 25, dan 27 Subtema 1 Pembelajaran 3. Buku Tematik Tema 4 Kelas 2 SD berjudul Hidup Bersih dan Sehat. Subtema 1 pada Buku Tematik ini berjudul Hidup Bersih dan Sehat di Rumah.

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan!

1. Apa isi percakapan cicak dan kecoa? Jawab: Sikap yang harus dilakukan agar rumah bersih dan tidak menjadi sarang penyakit. 2. Mengapa di sekitar kecoak banyak sampah?

Jawab: Karena manusia selalu membuang sampah sembarangan. 3. Bagaimana pendapatmu dengan sikap cicak dan kecoa? Jawab: Setuju, kita harus menjaga kebersihan rumah yang kita tempati.

4. Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat sampah berserakan? Jawab: Mengambilnya lalu membuang sampah tersebut ke tempat sampah. 5. Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu membuang sampah sembarangan?

Jawab: Menegur dan mengingatkan agar sampah dibuang sesuai tempatnya. Isilah teka teki silang berikut dengan benar! Mendatar:

1. Tidak bersih atau terkena noda. 2. Barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi. Menurun:

1. Binatang yang amat kecil dapat menyebabkan penyakit. 3. Sesuatu yang kurang sedap ditangkap indera pencium. Jawaban:

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat! Rumah yang tidak bersih harus dihindari. Rumah yang tidak bersih banyak kuman. Kuman inilah yang menyebabkan penyakit. Jika sakit, berbagai kegiatan akan terganggu. Badan akan terasa lemah dan lesu. Nafsu makan pun akan berkurang. Rumah yang tidak bersih banyak penyebabnya. Bisa saja karena rumah jarang dibersihkan. Sampah dibuang sembarangan dan tidak diolah. Sampah akan menumpuk dan menjadi bau. Tumpukan sampah inilah yang menjadi sarang penyakit.

Apa isi teks yang telah kamu baca? Jawaban: Rumah yang tidak bersih akan menghasilkan kuman yang membuat badan menjadi sakit dan aktivitas terganggu. Apa saja akibatnya jika rumah tidak bersih?

Jawaban: Banyak kuman yang menyebabkan penyakit, rumah kotor, tidak nyaman ditempati. Apa isi gambar yang kamu amati? Apa pendapatmu tentang gambar itu?

Ujilah pemahamanmu! Tuliskan hasil pengamatanmu atas gambar pada kolom berikut! Rumah Tidak Bersih Rumah yang tidak bersih pasti membuat kita tidak nyaman. Sampah ada di mana mana. Buku, kertas dan benda lain tidak pada tempatnya. Selain kotor, rumah pasti berantakan. Apabila rumah akan dibiarkan dengan kondisi kotor, maka kuman akan cepat datang dan membuat sakit penghuninya.

Tunjukkanlah ruas ruas garis pada bangun bangun datar berikut! (Ruas garis ditunjukkan dengan garis warna merah) Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi buah. Bacalah artikel tentang manfaat buah bagi kesehatan di bawah ini. Manfaat buah buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah buahan. • Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah. • Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. • Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia. • Mencegah penyakit tertentu. Buah buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya. • Obat luar tubuh. Buah buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Buah buahan sangat penting bagi tubuh kita. Banyak sekali iklan yang mempromosikan tentang buahan buahan, terutama buah buahan impor. Padahal buah buahan dan sayuran lokal pun sama enak dan sama bergizinya, lho! Berikut adalah sebuah percakapan iklan layanan masyarakat tentang buah lokal. Bacalah dengan saksama dan peragakanlah

Siswa 1: “Lihat apa yang kubawa!” Siswa 2: “Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?” Siswa 1: “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”

Siswa 3: “Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?” Siswa 2: “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.” Siswa 1: “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas. Jawaban: – Harga jauh lebih murah – Buah lokal lebih aman untuk dikonsumsi – Konsumsi buah lokal membantu memberdayakan petani lokal Lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek

Dalam kelompok yang berisi lima orang, buatlah sebuah iklan layanan masyarakat untuk media elektronik tentang salah satu buah lokal yang paling banyak terdapat di daerahmu. Tentukan kata kata kunci untuk percakapan iklanmu. Gunakan kalimat percakapan yang baik dan santun. Peragakanlah iklan layanan masyarakatmu tentang buah lokal di depan kelas secara bergantian. Jawaban:

Kata Kunci: – Buah lokal Buah Salak – Tubuh sehat Simaklah percakapan antara Beni dan Edo !

Beni: “Tahu tidak kamu? Ternyata buah pisang banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan” Edo: “Wah, serius kamu?” Beni: “Iya, buah pisang juga termasuk buah lokal dan banyak sekali manfaatnya. Coba kita simak informasi berikut ini.”

Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut. Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Pisang yang dicampur susu dan air atau dimasukkan dalam segelas susu cair dapat dihidangkan sebagai obat penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan untuk menetralkan keasaman lambung.

Bergabunglah kembali dengan kelompok poster sistem pencernaanmu. Bawa juga poster yang telah dibuat. Perhatikan instruksi dari gurumu untuk kegiatan berikutnya. 1. Guru akan menunjukkan nama nama gangguan sistem pencernaan satu per satu 2. Tiap tiap kelompok harus dapat menuliskan tentang: • Apa yang dimaksud dengan gangguan sistem pencernaan? • Penyebab • Gejala • Bagian organ mana yang terserang/terinfeksi • Cara pencegahan atau penyembuhannya

3. Guru hanya akan memberikan waktu 5 menit untuk mendiskusikan tiap tiap gangguan yang dimaksud. 4. Setelah guru selesai menunjukkan jenis jenis gangguan sistem pencernaan, guru akan memberikan waktu 30 menit kepada setiap kelompok untuk menyiapkan hasil diskusinya. 5. Pada tahap akhir, guru akan membimbing siswa di kelas dalam sesi diskusi kelas mengenai jenis jenis gangguan pencernaan tersebut. 6. Guru akan memberi kesempatan kepada satu kelompok yang ia tunjuk untuk membahas mengenai salah satu jenis gangguan yang dimaksud. 7. Kelompok lain diharapkan menyimak dengan baik agar kemudian dapat memberikan masukan ataupun mengoreksi bahasan dari kelompok yang bersangkutan. Jawaban: Mag adalah gangguan akibat peradangan pada lambung. Gejala mag berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah. Cara mengatasi penyakit mag adalah dengan antibiotik dan antasida.

Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. Mag disebabkan oleh luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Diare disebabkan oleh infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. Gejala diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. Cara mengatasi penyakit diare adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi. Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Penyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae. Gejala penyakit kolera bisa muncul secara tiba tiba, yaitu mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus). Konstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan. Gejala yang dirasakan adalah harus mengejan saat buang air besar, proses buang air besar terasa tidak tuntas, tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal. Organ yang diserang yaitu usus besar. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan banyak memakan buah buahan dan sayur sayuran berserat serta banyak minum air putih.

Gastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. Gangguan ini disebabkan karena kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. Selain itu, gastritis juga dapat disebabkan karena penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit. Gejala yang dirasakan berupa nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, hilang nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan, perut kembung, cegukan, mual, muntah, dan sakit perut. Organ yang terserang adalah lambung. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan membagi porsi makan Anda ke jadwal makan baru dan hindari makanan berminyak, asam, atau pedas. Ternyata buah buahan dan segala sesuatu yang berasal dari alam sejak dahulu dijadikan inspirasi untuk karya seni rupa daerah. Salah satunya seperti yang terdapat dalam batik Semarang. Sedikit ulasan tentang batik akan diberikan di bawah ini Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun.

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung. Batik merupakan contoh karya seni rupa daerah. Bersama sama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut. • Carilah informasi tentang beragam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahmu dan juga daerah daerah lain di Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui internet, koran, atau majalah. • Sajikan informasi tersebut dalam bentuk berita koran. • Gunakan kertas A4 beberapa lembar dan lengkapi dengan gambar karya seni yang bersangkutan. • Berikut adalah contoh format berita di koran. Jawaban:

Judul dan Nama Anggota Kelompok: Adi, Rahmi, Sekar, Eko Ondel Ondel berasal dari masyarakat Betawi daerah DKI Jakarta. Kain Tenun Endek berasal dari daerah Bali.

Kain Tenun Ikat berasal dari masyarakat Flores daerah Nusa Tenggara Timur. Tuliskan lima hal yang menurutmu bermanfaat yang kamu lakukan hari ini. Tuliskan juga lima hal yang akan kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu, terlebih menjaga kesehatan organ pencernaan. Bersama dengan orang tuamu bacalah kembali informasi tentang karya seni daerah yang kamu buat. Mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengalamannya atau pengetahuannya tentang karya seni daerah.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Pelajar Perempuan di Medan Tewas Disiram Air Keras oleh Sang Pacar
Next post Hasil Piala Sudirman: Minions & Greys/Polii Menang, Praveen/Melati Bawa Indonesia Juara Grup C