Perempuan dengan PCOS Bisa Hamil Menurut Informasi Dari SehatQ

 

Banyak orang yang mendambakan buah hati namun mengalami kesulitan. Banyak faktor yang menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan keturunan. Namun kalau penyebabnya adalah PCOS maka Anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang PCOS bisa hamil dengan penanganan yang tepat.

Dengan berbagai usaha pengobatan dan terapi kesuburan secara teratur, dapat membantu seorang wanita untuk hamil. Namun sayangnya akibat PCOS maka resiko untuk mengalami keguguran lebih rentan sebanyak 3 kali lipat dibandingkan wanita normal.

 

Langkah Yang Harus Dilakukan Agar Cepat Hamil

Langkah yang harus dilakukan oleh perempuan dengan PCOS agar cepat hamil salah satunya adalah menjaga badan agar tetap ideal. Karena PCOS efeknya adalah ketidakseimbangan hormon, namun tetap mempunyai harapan untuk mendapatkan buah hati.

PCOS ini merupakan sindrom polikistik ovarium yang mana wanita sulit hamil karena haid yang tidak teratur dan ketidak seimbangan hormon. Karena siklus menstruasinya tidak jelas sehingga masa ovulasinya juga sulit ditebak. Pada umumnya membuat hormon androgen dalam tubuh menjadi tinggi.

Tentu saja akibatnya sangat mengganggu masa subur dan proses ovulasi, yakni masa pelepasan telur sehat agar dibuahi oleh sperma. Selain itu ukuran indung telurnya wanita dengan PCOS juga lebih besar dari rata-rata. Namun kemungkinan PCOS bisa hamil tidak tertutup, masih bisa diusahakan.

Ukuran ovarium menjadi lebih besar karena tumbuhnya kista-kista kecil yang mengandung telur belum matang. Karena sel telur yang belum matang iniĀ  tidak dapat dikeluarkan dan turun ke rahim untuk dibuahi.

Biasanya PCOS ini juga menyebabkan wanita mengalami kenaikan berat badan yang berlebih, bahkan cenderung obesitas. Padahal obesitas sendiri pengaruhnya terhadap kesuburan wanita cukup berarti karena mampu mengubah cara tubuh memproses hormon.

Hal ini terjadi akibat sel lemak yang berlebihan menambah hormon pria yakni androstenedion menjadi hormon wanita yang disebut estrone. Hormon inilah yang mengatur metabolisme bagian otak yang mengatur fungsi ovarium dan testis dan mencegah ovarium melepaskan telur.

Karena semakin jarang berovulasi maka peluang untuk pembuahan juga semakin rendah. Sehingga wanita dengan PCOS harus berusaha lebih keras dalam mendapatkan keturunan. Selain konsultasi dengan dokter, membaca artikel, Anda juga dapat bergabung dengan forum kesehatan untuk mendapatkan informasi.

 

Peluang Bagi Wanita Penderita PCOS Dapat Mengalami Kehamilan

Ketika dokter mendiagnosis Anda mengidap PCOS, sebaiknya jangan panik dulu. Karena PCOS merupakan salah satu penyebab ketidaksuburan yang umum terjadi dan masih bisa diobati. Biasanya dokter kandungan akan memberikan resep obat-obatan untuk mengendalikan kadar hormon kembali stabil.

Kemudian dengan stabilnya kadar hormon tersebut diharapkan akan terjadi kehamilan secara natural. Namun kalau keadaan sudah cukup parah, masih ada cara lain yang dapat dicoba, yakni melalui program bayi tabung alias IVF.

 

Langkah Yang Harus Dilakukan Agar Cepat Hamil

Pada dasarnya mempunyai PCOS tidak serta merta menutup peluang Anda untuk bisa hamil. Hanya saja membutuhkan waktu yang agak lama untuk dapat hamil. Tentu saja banyak hal dan usaha yang harus dilakukan agar lekas mendapatkan keturunan.

Langkah yang pertama tentu saja adalah dengan pergi ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga mendapatkan obat penunjang kesuburan dan pil KB yang dapat menormalkan siklus haid.

Namun jangan lupa harus juga ditunjang dengan gaya hidup sehat dan berat badan yang ideal. Cara mengatur pola makan bukan hanya mengatur menu saja, namun juga memilah-milah menunya. Selain itu juga harus rajin berolahraga agar hormon kembali normal dengan alami.

Anda dapat membaca informasi lebih lengkap mengenai PCOS ini pada situs SehatQ yang mengulasnya dengan detail. Dengan demikian Anda akan mendapatkan banyak dukungan dari informasi yang diberikan bahwa PCOS bisa hamil dengan langkah yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Apakah Parasit Darah Anjing Bisa Sembuh?