PREDIKSI Grup B Euro 2020: Tantangan Roberto Martinez Racik Lini Belakang Timnas Belgia

Timnas Belgia menjadi salah satu tim unggulan di ajang Euro 2020 kali ini. Kiprah Timnas Belgia di Euro 2020 bisa mulai disaksikan kala turnamen 4 tahunan ini menggelar kick off pada 12 Juni dan berakhir 12 Juli 2021 mendatang. Timnas Belgia masuk dalam Grup B Euro 2020 bersama Rusia, Denmark, dan Finlandia.

Di atas kertas, tim asuhan Roberto Martinez itu memiliki kualitas yang lebih menterang baik secara tim maupun individu. Skuat Belgia dihuni oleh pemain pemain yang memiliki pengaruh besar di tim masing masing;. Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne dan Youri Tielemans menjadi contoh betapa mewah dan bermutunya skuat mereka.

Namun, Timnas Belgia juga tak bisa lepas dari kelemahan. Titik lemah yang dapat dilihat dari segi statistik angka adalah para pemain yang terpilih untuk mengawal lini belakang tim. Diketahui, Roberto Martinez memanggil 7 pemain belakang untuk memperkuat timnas di Euro 2020.

Rinciannya, 5 orang berposisi asli sebagai bek tengah. Serta 2 orang lainnya biasa bermain di posisi bek kanan, sebagaimana dikutip dari Transfermarkt . Belgia praktis tak memiliki pemain yang dapat mengisi pos bek kiri, jika mengacu pada komposisi di atas.

Namun, masalah itu dapat teratasi dengan pemilihan formasi yang biasa digunakan sang pelatih. Diketahui, Roberto Martinez menyukai timnya bermain dengan skema 3 bek sentral yang didukung 2 wing back. Di satu sisi, skema tersebut terbukti dapat mengantar generasi emas timnas merengkuh banyak hasil positif di banyak laga.

Mereka, alhasil, nangkring di posisi teratas dalam ranking FIFA, mengungguli negara negara kuat lainnya seperti Spanyol dan Portugal. Di sisi lain, skema tiga bek tersebut juga menjadi potensi bahaya terbesar bagi tim. Hal itu disebabkan para bek sentral yang dipanggil Martinez ke timnas mayoritas sudah berumur di atas 30 tahun.

Hanya Jason Denayer saja yang baru berumur 25 tahun dalam jajaran bek tengah tim. Nama nama seperti Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, dan Thomas Vermaelen sudah berumur 30 tahun lebih. Ditambah lagi para bek tersebut tak dikenal memiliki speed yang baik untuk beradu lari dengan lawan.

Timnas Belgia berpotensi mendapat masalah saat bertemu dengan tim yang mengandalkan penyerang penyerang lincah nan cepat. Tim tim seperti Prancis dan Jerman barangkali dapat menjadi ancaman serius bagi Eden Hazard cs dengan deretan pemain depan yang memiliki kecepatan. Namun, pelatih Roberto Martinez tentu lebih tahu dengan kondisi tim asuhannya.

Ia bakal sekuat tenaga memilih dan meracik strategi terbaik untuk mengantar generasi emas Timnas Belgia berbicara banyak di Euro 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Ketua ITAGI: Vaksinasi Tidak Menjamin 100 Persen Bebas Covid-19
Next post Setelah Ayahnya Meninggal, Oki Setiana Dewi Sebut Banyak yang Ikut Donasi Pembangunan Pesantren