Seperti Ini Reaksi FIFA atas Dihentikannya Laga Brasil Vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022

FIFA mengeluarkan pernyataan resmi tentang pertandingan Brasil vs Argentina yang ditangguhkan. Pertandingan Brasil melawan Argentina itu mungkin tidak bisa dilakukan pertandingan ulangan. Badan sepak bola dunia itu akhirnya memecah kebisuan terkait kisruh skorsing kualifikasi Piala Dunia di Sao Paulo, Senin (6/9/2021) WIB kemarin.

FIFA akhirnya memecah keheningan mereka mengenai insiden kontroversial. Laga yang baru berjalan sekitar 6 menit disetop tiba tiba. Pertarungan Brasil vs Argentina merupakan laga yang sangat dinanti nantikan penggemar sepak bola kemarin, badan sepak bola dunia mengeluarkan pernyataan resmi. Pertandingan dihentikan setelah polisi federal Brasil dan otoritas medis Brasil memasuki lapangan dan menghentikan pertandingan, prosesnya menimbulkan banyak kebingungan, dan sangat disayangkan laga tak bisa dilanjutkan.

Terungkap, bahwa empat pemain Argentina – Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Cristian Romero dan Giovani Lo Celso dicari untuk penahanan dan deportasi setelah diduga memalsukan dokumen ketika memasuki negara itu. Itu dilakukan untuk menghindari masa karantina wajib 14 hari. Akibatnya, kekacauan pun terjadi, dengan para pelatih dan anggota staf kedua tim nasional melakukan dialog mendalam dengan pihak berwenang Brasil di depan kamera untuk mencari solusi. Solusi tidak pernah datang, mengakibatkan para pemain Argentina keluar dari lapangan dan beberapa jam kemudian, meninggalkan negara itu karena pertandingan telah ditangguhkan.

CONMEBOL dengan cepat mengungkapkan bahwa karena pertandingan ini adalah kualifikasi Piala Dunia, FIFA akan mengambil keputusan atas kasus ini karena berada di bawah yurisdiksi mereka. Dalam pernyataan publik pertama mereka sejak insiden ini, badan sepak bola dunia mengumumkan bahwa penyelidikan akan dilakukan oleh badan badan disiplin sebelum memberikan penilaian. FIFA mengisyaratkan bahwa satu negara bisa diganjar denda, atau lebih buruk lagi, dinyatakan kalah.

Kurangnya waktu yang tersedia dapat membuat laga 'replay' atau pertandingan ulangan menjadi sulit dilakukan. Yang berarti hasil pertandingan kemarin mungkin akan diputuskan oleh FIFA. Federasi sepak bola Argentina, AFA bersikeras mereka tidak melakukan kesalahan, dengan alasan bahwa tidak ada pemain Argentina yang memalsukan informasi untuk masuk ke Brasil. Selecao, sementara itu, menyatakan bahwa sementara pihak berwenang Brasil yang membatalkan pertandingan, ini bukan keputusan yang dibuat oleh federasi sepak bola negara Brasil.

Menarik untuk melihat vonis apa yang akan dibuat FIFA untuk kasus ini? Baru berjalan 6 menit, pertandingan big match antara Brasil melawan Argentina dihentikan Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brasil (ANVISA). Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol tersebut dibubarkan ANVISA, Senin (6/9/2021) dini hari WIB.

Menurut Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brasil (ANVISA), pemain Liga Premier yang terdiri dari Giovani Lo Celso (Tottenham), Emiliano Martinez (Aston Villa), Emiliano Buendia (Aston Villa) dan Cristian Romero (Tottenham) memberikan "informasi palsu" saat mereka masuk ke Brasil. Sedangkan di timnas Brasil tidak ada satupun pemain yang bermain di Liga Inggris yang boleh tampil dalam pertandingan tersebut. Empat pemain Argentina yang bermain di Liga Inggris itu dinilai melanggar protokol COVID saat memasuki Brasil.

Laporan sebelum pertandingan menyebutakan, pihak berwenang Brasil telah memerintahkan pemain Argentina yang bermain di Liga Inggris untuk dideportasi karena tidak dikarantina terlebih dahulu. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia Brasil melawan Argentina secara sensasional dihentikan tak lama setelah kick off pada hari Minggu ketika kontroversi mengenai protokol Covid 19 mencuat. Di tengah adegan luar biasa di Neo Quimica Arena Sao Paulo, pertandingan antara dua raksasa sepak bola Amerika Selatan dihentikan ketika sekelompok pejabat kesehatan masyarakat Brasil masuk ke lapangan, memicu keributan yang melibatkan staf tim dan pemain.

Para pemain Argentina berjalan ke ruang ganti saat kehebohan terjadi. Kapten Argentina, Lionel Messi kemudian muncul kembali dari terowongan tanpa baju timnya saat kebingungan melanda stadion. Intervensi menakjubkan itu terjadi hanya beberapa jam setelah otoritas kesehatan Brasil mengatakan empat pemain di skuat Argentina yang berbasis di Inggris harus menjalani "karantina langsung" karena melanggar protokol Covid 19.

Menurut Badan Pengawasan Kesehatan Nasional Brasil (ANVISA), pemain Liga Premier Giovani Lo Celso (Tottenham), Emiliano Martinez (Aston Villa), Emiliano Buendia (Aston Villa) dan Cristian Romero (Tottenham) memberikan "informasi palsu" saat mereka masuk ke Brasil . Romero, Lo Celso dan Martinez semuanya berada di starting line up Argentina memicu intervensi petugas ke lapangan ofisial yang mengenakan seragam ANVISA. Keempat pemain Liga Inggris itu dituduh tidak mengungkapkan bahwa mereka telah menghabiskan waktu di Inggris dalam 14 hari sebelum kedatangan mereka.

Dinilai Ada Serangkaian Pelanggaran "Kami sampai di titik ini karena semua yang diarahkan ANVISA, sejak saat pertama, tidak terpenuhi," kata direktur ANVISA Antonio Barra Torres di televisi Brasil dikutip AFP. "(Empat pemain) diarahkan untuk tetap diisolasi sambil menunggu deportasi, tetapi mereka tidak mematuhinya. Mereka pergi ke stadion dan mereka memasuki lapangan, dalam serangkaian pelanggaran," tambah pejabat itu.

Perintah pemerintah tertanggal 23 Juni melarang masuknya orang asing ke wilayah Brasil dari Inggris, India, atau Afrika Selatan, untuk mencegah penyebaran varian baru virus corona. “ANVISA menganggap bahwa situasi ini merupakan risiko kesehatan yang serius dan merekomendasikan agar otoritas kesehatan setempat (Sao Paulo) memerintahkan karantina segera para pemain, yang dilarang mengambil bagian dalam aktivitas apa pun dan tetap berada di wilayah Brasil,” demikian pernyataan dari agensi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu sebelumnya. ANVISA mengatakan Polisi Federal Brasil telah diberitahu sehingga "tindakan yang diperlukan segera diambil".

Dengan permainan dibatalkan, pasukan Brasil segera memulai latihan di arena. Sementara timnas Argentina dilaporkan meninggalkan stadion. Badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pertandingan telah "ditangguhkan" tetapi tidak mengatakan apakah pertandingan akan dilanjutkan atau dimainkan laga ulang. "Dengan keputusan wasit pertandingan, pertandingan yang diselenggarakan oleh FIFA antara Brasil dan Argentina untuk kualifikasi Piala Dunia ditangguhkan," kata CONMEBOL dalam sebuah pernyataan.

"Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada Komite Disiplin FIFA, yang akan menentukan langkah langkah yang harus diikuti. Prosedur ini secara ketat mematuhi peraturan saat ini." CONMEBOL menambahkan bahwa karena kualifikasi adalah bagian dari kompetisi FIFA, terserah kepada badan sepak bola global untuk menentukan tindakan selanjutnya. "Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA," kata CONMEBOL. "Semua keputusan mengenai organisasi dan pengembangannya adalah kekuatan eksklusif lembaga itu.

Kontroversi muncul setelah sembilan pemain Brasil yang bermain di Liga Premier gagal melakukan perjalanan ke Amerika Selatan menyusul keberatan dari klub mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Prediksi Susunan Pemain PSM Makassar vs Arema FC, Pluim Ambisi Cetak Gol, Singo Edan Tanpa Bek Asing
Next post Buron 13 Tahun, Mantan Anggota DPRD yang Rugikan Negara Rp 6,5 Miliar Akhirnya Ditangkap