Singgung Tuntutan Bagi Perempuan dalam Budaya Patriarki, Chef Renatta: Gua Juga Mau Punya Istri

Chef Renatta Moeloek menyadari budaya patriarki sudah tertanam kuat di tengah masyarakat. Bahkan ia pribadi pernah menerima nasihat bagaimana menjadi perempuan yang baik menurut versi budaya patriarki, yang umumnya dituntut menggeluti aktivitas domestik. Chef Renatta Moeloek lantas menyikapinya secara bijak. Ia tidak ingin menilai pendapat orang tersebut sebagai kesalahan.

Menurut rekan Chef Arnold tersebut, setiap orang memiliki hak untuk menentukan konsep rumah tangga yang bakal dilakoninya masing masing. Kendati demikian di penghujung tulisannya tersebut, Chef Renata terlihat menyindir budaya patriarki dengan candaan yang menggelitik perut. Ia yang merupakan seorang perempuan justru berseloroh ingin memiliki seorang istri.

Hal tersebut lantaran istri seolah dinilai sebagai pelayan suami seperti nasihat dari orang yang identitasnya dirahasiakan oleh Chef Renatta. "Tapi saat itu saya yang sedang kerja 14 jam per hari, 6 hari per minggu dan tinggal sendiri, hanya bisa merespon: 'Yah, kalau sistemnya mutlak seperti itu…. gua juga mau punya istri'," pungkas Chef Renatta. Tak ketinggalan, ia pun menyematkan dua tagar untuk tulisan caption nya yakni tagar, Selamat Hari Kartini dan Mau Dong Diurusin.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Buka Puasa di Ponorogo, Ketua DPD RI Sampaikan Potensi Desa dan Pariwisata Kota Reog
Next post Chord Gitar Lagu Marhaban Ya Ramadhan – Haddad Alwi, Kunci dari C Mudah Dimainkan